18Jul 0

Tak Takut Nyeri, Trik Tetap Nyaman Jalani Proses Persalinan

Seputar Kehamilan » Persalinan  •   Monica Dian
Tak perlu takut akan rasa nyeri saat proses melahirkan, karena beberapa tips berikut akan memberikan rasa nyaman lebih.

Tidak sedikit perempuan yang ‘parno’ saat hendak melahirkan karena rasa sakit yang akan diderita. Ya, meski rasa sakit tidak terelakkan, setidaknya kita dapat melakukan trik agar proses persalinan terasa lebih nyaman. Berikut trik yang bisa kamu coba ketika waktu persalinan tiba nanti.

Mengatur Posisi

Pengaturan posisi sebaiknya disesuaikan dengan waktunya. Pada tahap awal, terutama ketika kontraksi relative masih ringan, usahakan untuk berjalan, duduk, bergoyang, atau berendam. Semakin meningkatnya kontraksi, duduk, bergoyang (di kursi goyang), atau berbaring dapat memberi rasa nyaman lebih. Nyeri yang dirasa pada punggung (sakit punggung) dapat diredakan dengan duduk tegak, dengan lengan memeluk pendamping, atau dengan mengambil posisi merangkak. Yang juga perlu diperhatikan, posisi diubah-ubah selama proses persalinan karena baik untuk memperbaiki peredaran darah dan mencegah kelelahan otot.

Titik Pusat Perhatian

Banyak ibu hamil yang hanya memejamkan mata atau memusatkan perhatian pada orang-orang di sekitarnya saat persalinan. Padahal, dengan bantuan barang yang menjadi titik pusat perhatian, rasa nyeri dapat diminimalisir. Melihat foto atau mendengarkan lagu kesukaan dapat membantu.

Kompres

Rasa hangat biasanya memberi rasa nyaman pada otot yang menegang. Gunakan handuk yang sudah direndam dalam air hangat dan letakkan pada punggung, leher, dan perut. Kemudian, saat mulai kontraksi pada tahap transisi atau saat ‘ngeden’, kamu akan merasa kepanasan. Segera kompres dingin pada dahi dan perut untuk memberi sensasi sejuk. Ingat, kompres harus sering diganti.

Pijatan

Metode satu ini sangat efektif dalam proses persalinan, yakni membantu mengurangi sakit punggung dan relaksasi otot pada akhir kontraksi. Untuk mendapatkan pijatan yang baik, kamu perlu berkomunikasi dengan pendamping soal bagian mana saja yang ingin dipijat. Tapi ada juga beberapa ibu hamil yang sama sekali tidak mau disentuh. Meski begitu, mereka masih perlu dukungan emosional.

Usapan atau Sentuhan

Biasanya usapan lembut dapat mengurangi rasa nyeri saat bersalin. Usapan ini bisa dilakukan sendiri atau pendampingmu. Gunakanlah satu atau dua tangan, kemudian usap permukaan perut dengan ujung jari secara lembut, bergerak melingkar di sekeliling pusar.

Menjaga Mulut Tetap Basah

Ketika melahirkan, mulut dan bibir terasa kering karena nafas yang berat selama kontraksi. Es batu atau minuman segar bisa membantu menyejukkan mulut dan memberikan sedikit gula untuk menambah energi.

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00