14Jul 0

Pendapat Ibu Seputar Menyusui saat Puasa

Seputar Kehamilan » Ibu Menyusui  •   FimelaFamily Editor
Sebetulnya, ibu menyusui boleh saja berpuasa di bulan Ramadhan asalkan kita menjaga asupan yang baik setiap berbuka. Pilihannya ada di tangan kita.

“Ibu menyusui boleh saja berpuasa, tidak ada masalah,” ujar Ade Heni Yulistia, AMG saat Fimela Family bertanya apakah ibu menyusui boleh berpuasa atau tidak. Hal itu juga disetujui oleh dr. Fiastuti, Sp.GK., “Ibu menyusui boleh berpuasa asal mengonsumsi serat lebih banyak di bulan puasa, meluangkan waktu untuk beristirahat, dan menjaga asupan selama berbuka dan sahur,” katanya.

Namun ternyata, beberapa ibu yang sedang menyusui tidak berpuasa lantaran khawatir ASI-nya tidak berjalan dengan lancar. “Ramadhan kali ini saya memilih untuk tidak berpuasa karena saya sedang menyusui. Saya ingin anak saya ASI eksklusif hingga minimal 2 tahun. Waktu hamil justru saya puasa karena dokter memperbolehkan. Tapi, saat menyusui ini saya nggak puasa karena takut asupan gizi anak saya tak cukup. Sebenarnya dokter juga memperbolehkan saya puasa saat menyusui. Tapi mungkin ini sekadar ketakutan saya karena baru pertama kali menyusui, tahun depan saya baru berani berpuasa,” ujar Resti (33) tentang keengganannya berpuasa ketika menyusui.

“Saya dijelaskan oleh dokter kalau sebenarnya ibu menyusui boleh saja berpuasa. Karena menurutnya itu tidak mengurangi nutrisi dan produksi ASI saya. Tapi entah mengapa, saya memilih untuk nggak berpuasa kali ini karena saya nggak yakin bisa kuat berpuasa sementara saya harus berikan ASI untuk anak. Ini memang pertama kalinya saya menyusui,” cerita Edita (28) yang juga juga baru pertama kali menyusui buah hatinya.  Ia juga bercerita kalau dokternya memberitahu kalau ibu yang punya bayi dengan usia kurang dari 6 bulan, sebaiknya tidak berpuasa karena bagi Si Bayi, ASI merupakan asupan cairan dan gizi yang paling utama.

“Di hari-hari pertama puasa kemarin, saya sempat mencoba berpuasa. Tahun lalu saat menyusui pertama kali, saya nggak puasa. Tahun ini saya coba puasa. Tapi kok rasanya badan nggak kuat dan ada rasa khawatir produksi ASI menurun. Jadi, saya putuskan untuk tidak melanjutkan berpuasa,” cerita Nita (29) ketika ditanya apakah dirinya berpuasa saat menyusui.

Berbeda dengan para ibu di atas, presenter Melanie Putria justru berpuasa saat menyusui Si Kecil tahun lalu. Ia sama sekali tidak khawatir dan berkata bahwa dirinya tetap berpuasa saat menyusui dan itu tidak berpengaruh terhadap produksi ASI-nya. Dirinya sempat berkata di twitter kalau ia masih mendapatkan 100ml ASI dari pagi hingga siang.

“Memang, berpuasa saat menyusui pasti mempengaruhi produksi ASI kita. Kita kurang cairan karena tidak minum selama puasa. Tapi, hal ini bisa dihindari dan disiasati dengan menjaga asupan cairan di malam hari, mengonsumsi serat, dan makan secukupnya. Sama seperti ibu yang berpuasa, saya sarankan agar jumlah cairan yang ibu konsumsi sekitar 2 liter per hari. Ini berguna agar ibu tak dehidrasi dan ASI juga tetap berjalan lancar,” saran Ade Heni.

Jadi sebetulnya, puasa bagi ibu menyusui boleh dilakukan asal kita tetap menjaga asupan tubuh. Baca juga tips agar produksi ASI tetap lancar saat puasa. Tinggal kita yang menentukan, sanggup berpuasa atau tidak.

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00
Perawatan Rambut Harus Sesuai...
17 September 2018 17:00
Sebagai Masyarakat Urban, Kita...
26 Agustus 2018 14:00