20Feb 0

Kenali Jenis Keju yang Membahayakan Kehamilan

Seputar Kehamilan » Hamil Sehat  •   FimelaFamily Editor
Perlu diketahui, ternyata ada beberapa jenis keju yang justru membahayakan kehamilan. Kami pun berbicara dengan seorang pakar gizi Audrey Dharmanto, Bsc., RD., LD terkait hal ini.

Termasuk pecinta keju? Kalau ya, kamu harus lebih hati-hati ketika sudah hamil nanti. Pasalnya, ada beberapa jenis keju yang justru tak aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Menurut Audrey Dharmanto, jenis keju yang tak aman bagi ibu hamil adalah jenis keju yang lembut (soft cheese) dan memiliki pinggiran/ lapisan putih pada luarnya, seperti keju brie, feta, camembert, ataupun keju dari susu kambing (goats' cheese). “Selain itu, keju yang termasuk blue cheese, seperti Danish Blue, gorgonzola, dan roquefort juga sebaiknya dihindari,” tambahnya.

Mengapa tak aman? Audrey menjelaskan bahwa jenis keju tersebut memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah dan mengandung kadar air yang lebih tinggi daripada jenis keju keras (hard cheese). Faktor lingkungan inilah yang yang sangat ideal untuk bakteri berbahaya berkembang biak, seperti bakteri Listeria. Selain bisa menyebabkan keracunan makanan dan infeksi, Listeria juga bisa menyebabkan keguguran, kematian bayi dalam kandungan, hingga timbulnya penyakit yang fatal bagi bayi. “Sedikit saja infeksi dari Listeria ini bisa berakibat fatal bagi kehamilan. Sebaiknya juga hindari konsumi susu atau produk susu yang belum dipasteurisasi,” ujar Audrey.

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00
Perawatan Rambut Harus Sesuai...
17 September 2018 17:00
Sebagai Masyarakat Urban, Kita...
26 Agustus 2018 14:00