08Sep 0

Kenali 9 Tanda Fisik Kehamilan

Seputar Kehamilan » Hamil Sehat  •   FimelaFamily Editor
Beberapa keluhan dan perubahan fisik saat hamil seringkali dikeluhkan. Nah, apa saja sih tanda fisik saat kehamilan. Simak di sini ya!

1. Napas menjadi pendek

Biasanya kamu tidak masalah naik-turun tangga, tapi sekarang kok baru beberapa anak tangga rasanya sudah terengah-engah ya? Mungkin saja kamu hamil! Janin yang sedang berkembang di dalam tubuhmu perlu oksigen sehingga kamu pun otomatis mudah kehabisan napas. Begitu kehamilan sudah dikonfirmasi, keluhan pernapasan ini akan terus kamu alami dan makin terasa ketika masuk ke trimester ketiga. Siap-siap saja, ya!

2.  Payudara terasa sakit

Ketika sedang pakai bra, posisi mana saja sepertinya terasa salah dan tidak nyaman. Ada juga yang merasa payudaranya menjadi lebih besar, lembek, dan berat. Area di sekitar areola menjadi semakin gelap dan melebar, sementara pembuluh darah di sekitar dada jadi terlihat makin nyata. Kalau benar kamu ternyata hamil, sebaiknya kamu mulai membeli bra kehamilan untuk menyokong payudaramu.

3. Lelah dan demam

Setiap hari kamu selalu merasa kekurangan tidur, padahal setiap sampai di rumah yang kamu lakukan adalah masuk kamar dan tidur. Kamu juga jadi gampang lelah. Ini berkaitan dengan hormon-hormon yang meningkat selama kehamilan. Tak sedikit juga dari para ibu hamil yang merasa tubuhnya jadi lebih hangat. Penyebabnya adalah temperatur basal tubuh yang memang cenderung naik pada saat perempuan sedang hamil.

4. Mual dan muntah

Ya, nama lainnya adalah morning sickness. Biasanya mulai dirasakan kalau kehamilanmu sudah menginjak 6 minggu, tapi ada juga yang sudah mengalaminya pada awal-awal kehamilan. Keluhan ini akan mulai menurun begitu masuk ke trimester kedua. Sementara itu, sebaiknya pilih jenis makanan yang lebih bersahabat dengan perut, seperti misalnya makanan yang ringan-ringan.

5. Sering pipis

Baru saja ke toilet, sudah kepengin buang air kecil lagi? Ini adalah gejala yang paling umum dialami oleh wanita hamil. Penyebabnya, selama kehamilan tubuhmu memproduksi cairan lebih banyak sehingga kantung kemih juga bekerja lebih keras dari biasanya.

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00
Perawatan Rambut Harus Sesuai...
17 September 2018 17:00
Sebagai Masyarakat Urban, Kita...
26 Agustus 2018 14:00