05Jun 0

5 Cara Kurangi Mual saat Kehamilan secara Alami

Seputar Kehamilan » Hamil Sehat  •   FimelaFamily Editor
Mengalami mual saat trimester awal kehamilan? Nggak usah langsung menenggak obat ini itu untuk mengatasinya. Coba cara alami berikut ini.

Jangan Minum Terlalu Banyak

Mengonsumsi air putih tentunya amat disarankan saat masa kehamilan. Namun, jika mual sudah mulai menyerang, sebaiknya jangan minum air putih terlalu banyak pada satu kesempatan. Sebaliknya, minum secara perlahan dengan jeda waktu agar perut tak terasa kembung yang justru bisa memperparah rasa mual tersebut.

Jangan Makan Terlalu Banyak

Sama halnya dengan minum, ibu hamil yang mengalami mual sebaiknya menghindari makan makanan besar dalam jangka waktu yang berdekatan. Sebaliknya, makan sedikit-sedikit namun dengan frekuensi yang sering. Hal ini juga disarankan agar makanan lebih mudah dicerna sehingga menghindari rasa begah.

Teh Jahe

Teh jahe dapat membuat perutmu terasa lebih hangat sehingga rasa mual pun bisa diredakan. Menurut ilmu pengobatan Cina, jahe adalah jenis obat-obatan panas. Karena itu, jahe hanya dapat berfungsi meredakan mual saat suhu tubuhmu terasa dingin. Untuk menghilangkan rasa mual, kamu bisa meminum segelas teh jahe hangat atau mengonsumsi permen jahe sebagai camilan.

Hindari Gerakan Tiba-Tiba

Saat bangun tidur, sebaiknya tetap berbaring sebentar di tempat tidur untuk menghindari rasa pusing yang kerap muncul. Hal ini juga berlaku ketika kamu sedang duduk, jangan langsung berdiri dan melakukan aktivitas lain.

Berjalan Kaki

Meskipun hamil bukan artinya kamu jadi malas bergerak. Sebaiknya rutinlah berjalan kaki, terlebih untuk mengurangi rasa pusing dan mual yang kerap dirasakan. Banyak bergerak dengan berjalan kaki ini juga penting untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh, lho!

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00
Perawatan Rambut Harus Sesuai...
17 September 2018 17:00
Sebagai Masyarakat Urban, Kita...
26 Agustus 2018 14:00