11Jul 0

Tips Tetap Sehat Berpuasa Saat Sedang Hamil

Seputar Kehamilan » Hamil Sehat  •   FimelaFamily Editor
Di bulan suci ini, banyak ibu hamil yang tetap mengikuti ibadah puasa. Inilah beberapa tips dari para ibu hamil agar tetap sehat saat puasa.

Konsultasi Ke Dokter

Sebelum memutuskan untuk menjalankan ibadah puasa, ada baiknya ibu yang sedang mengandung melakukan konsultasi ke dokter kandungan. Dengan begini, kita jadi lebih tahu apakah usia kandungan dan kondisi janin tidak terganggu jika kita menjalani puasa. “Sebenarnya ibu hamil bisa berpuasa, tapi kembali lagi ke ibunya. Jika merasa sanggup silakan puasa, jika terlalu lemah sebaiknya tidak berpuasa,” ujar Ade Heni Yulistia, AMG, seorang ahli gizi saat berbincang dengan Fimela Family seputar puasa bagi ibu hamil.

Biasanya, dokter akan memberikan kiat khusus bagi ibu hamil yang ingin menjalankan ibadah puasa. Seperti yang dialami Irma (25), “Usia kandungan saya sudah 9 bulan, sudah tinggal “menghitung hari”, jadinya sudah kuat berpuasa. Kata dokter, saya boleh saja berpuasa asal kuat. Tapi, memang ada ibu-ibu tertentu yang saat puasa mengonsumsi obat-obatan khusus dari dokter. Kalau saya sendiri diberi vitamin oleh dokter. Jadi, saat sahur saya tetap minum susu untuk ibu hamil diselingi dengan vitamin dari dokter. Saya juga menjaga asupan makanan. Harus makan sayur-sayuran dan air putih yang banyak saat sahur dan berbuka,” ujar Irma ketika bercerita seputar puasa saat hamil.

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00
Perawatan Rambut Harus Sesuai...
17 September 2018 17:00
Sebagai Masyarakat Urban, Kita...
26 Agustus 2018 14:00