16Sep 0

Benarkah Kista dalam Rahim Bisa Sebabkan Keguguran?

Seputar Kehamilan  •   Monica Dian
Tak ingin mengalami keguguran di kemudian hari, maka sebaiknya waspadalah adanya kista dalam rahimmu, Moms.

Periode 23 minggu kehamilan memang rentan mengalami keguguran. Itulah sebabnya ibu hamil disarankan untuk sangat berhati-hati di masa tersebut. Namun, nyatanya faktor penyebab keguguran tak hanya bersumber dari aktivitas fisik saja, tapi juga dari dalam tubuh lho, Moms. Kista atau tumor rahim disebut berpengaruh pada potensi keguguran. Tumbuhnya daging tumor di dalam rahim ini memang biasa dialami oleh banyak perempuan.

Menurut situs National Institutes of Health (NIH), potensi menderita kista meningkat hingga 80% ketika usia perempuan mencapai 50 tahun ke atas. Karena umumnya kista tak menyebabkan komplikasi, banyak perempuan yang tak sadar bahwa dirinya mengidap penyakit ini.

Dari sekian banyak kasus, perempuan yang mempunyai kista berisiko besar mengalami keguguran. Dalam kasus yang serius, menurut data NIH, operasi histerektomi dapat dilakukan untuk mengatasi kista. Meski nyatanya kista memiliki kemungkinan meningkatkan risiko keguguran, masih belum jelas seberapa besar tingkat keseriusan pengaruhnya.

Maka sangatlah penting bagi para perempuan untuk memeriksakan kesehatannya terlebih dahulu sebelum memutuskan hamil. Seandainya benar ada kista, maka sebaiknya diangkat dahulu agar janin dalam kandungan dapat berkembang dengan baik.

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00
Perawatan Rambut Harus Sesuai...
17 September 2018 17:00
Sebagai Masyarakat Urban, Kita...
26 Agustus 2018 14:00