22Apr 0

Kartini Saat Ini Versi Nia Dinata, Widi Mulia, dan Melissa Karim

Keluarga Selebriti  •   FimelaFamily Editor
Pandangan mengenai sosok Kartini dulu dan sekarang sudah mengalami perubahan. Benarkah? Simak pendapat beberapa selebriti di bawah ini, yuk. Selamat Hari Kartini!

Nia Dinata

"Kartini di era sekarang adalah perempuan-perempuan yang bisa menyalurkan passion-nya tanpa terpengaruh lingkungan, orang lain, dan bisa mengambil keputusan sendiri sesuai dengan hatinya. Keputusan yang diambil bisa tentang pekerjaan, sekolah, karir, perkawinan, dan bidang apa saja sebenarnya. As long as perempuan sudah bisa independent dalam berpendapat, dan menentukan sikap, artinya dia sudah benar-benar menjalankan cita-citanya Kartini. Sosok Kartini masa kini banyak! Pembantu saya, Mba Suki, contohnya. Orang mikirnya Kartini harus yang punya karir sukses, dan sebagainya. Menurut saya, Mba Suki adalah domestic helper yang sebenarnya sangat sukses karena dia berhasil menyekolahkan anak-anaknya, bekerja mengabdi mulai dari ikut ibu saya sampai sekarang bekerja pada saya, sudah ikut keluarga kami berpuluh-puluh tahun, dan walaupun suaminya sudah menyuruh berhenti bekerja tapi dia tetap mau bekerja. Saya sudah menganggap dia sebagai keluarga. Saya menganggap dia sebagai sosok Kartini karena she enjoy mengurusi rumahku. Saya pikir, dia adalah salah satu sosok tepat sebagai Kartini."

Widi Mulia

"Sosok Kartini dulu dan sekarang sebenarnya masih ada relevansinya. Spirit Kartini yang clearminded dan professional oriented juga masih relevan dengan perempuan saat ini. kalau dilihat dari nilai sosialnya, Kartini itu 'kan tetap mengijinkan wanita untuk nrimo tapi tetap menjadi dirinya sendiri, mengejar ideal dream, dan mampu berkompromi dengan keadaan. Menurut aku, perempuan jama sekarang juga seperti itu. Nah, sekarang ini bukan jamannya lagi ngomongin emansipasi. Perempuan sudah harus lebih maju untuk menggerakkan dunia ini dengan segala yang sudah disediakan. Sebenarnya, kekuatan wanita itu lebih besar dibandingkan dengan laki-laki, dalam hal perasaan, kemampuan untuk berkreasi, dan meraih cita-cita. Jadi, jangan sampai perempuan mengalami kemunduran dengan masih membicarakan tentang emansipasi. Kalau harus menyebutkan sosok, sepertinya buat saya terlalu banyak Kartini di jaman sekarang yang harus disebutkan. Saya lebih peduli pada spirit yang dijalankan oleh banyak perempuan untuk sukses menjalankan apa yang mereka kerjakan. Saya harap tiap tahunnya, dalam perayaan Hari Kartini, spirit ini nggak pernah dilupakan, malah harus terus ditingkatkan."

Melissa Karim

"Sosok Kartini di jaman sekarang adalah mereka yang ada di sekitar aku. Basically, mereka adalah ibu bekerja, karena aku juga ibu bekerja tapi anakku masih kecil, jadi aku banyak belajar dan masih banyak gagal juga untuk mengatur waktu antara pekerjaan dan anakku. Sementara orang-orang yang aku kagumi ini, anaknya sudah besar, lebih dari satu, dan mereka sepertinya baik-baik saja hidupnya. Ada beberapa nama seperti Nia Dinata dan Vivian Idris, yang punya balance antara pekerjaannya, karirnya, dan hubungan personal dengan pasangan hidup. Karena setelah dua tahun punya anak, it's quite challenging untuk bisa menemukan balance itu kalau buat aku."

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00
Perawatan Rambut Harus Sesuai...
17 September 2018 17:00
Sebagai Masyarakat Urban, Kita...
26 Agustus 2018 14:00