16Apr 0

Ibu Modern: Stylish dan Pintar Atur Belanja dan Berinvestasi

Dunia Ibu » Update  •   Okinice Meyer
Literasi keuangan membantu ibu dalam menyiapkan masa depan yang lebih baik.

Siapa bilang ibu-ibu cuma bisa belanja online? Zaman sekarang, menjadi seorang ibu yang stylish, tapi tetap cerdas mengatur budget dan waktu adalah sebuah kewajiban. Tapi sudahkan kita paham apa itu literasi keuangan?

Hasil survei Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2013, yang memperlihatkan tingkat literasi keuangan di Indonesia hanya 21,8%. Itu artinya, masih sedikit masyarakat yang sudah betul-betul melek keuangan, khususnya perempuan.

Masih banyak perempuan yang belum paham bagaimana caranya mengelola keuangan dengan baik. Padahal, seorang perempuan kerap harus hidup tanpa suami. Namun, banyak perempuan yang terpaksa menggantungkan kebutuhannya kepada keluarga atau anak-anaknya karena masalah finasial.

Nini Sumohandoyo, Corporate Communications & Sharia Director Prudential Indonesia menjelaskan pendidikan keuangan penting agar perempuan mampu menciptakan pengaruh positif terhadap kesejahteraan perempuan dalam menghadapi masa tuanya. Seorang perempuan kerap harus hidup tanpa suami. Namun, banyak perempuan yang terpaksa menggantungkan kebutuhannya kepada keluarga atau anak-anaknya karena masalah finasial.

"Untuk itu kami dari Prudential memberikan literasi keuangan pertama-tama agar perempuan mampu memilah mana kebutuhan dan mana keinginan serta bagaimana menyisihkan uangnya untuk tabungan masa depan," ujar Nini  dalam laporan hasil kinerja keuangan 2017 Prudential, Jakarta, Kamis, (05/04/2018).

Dalam menjalankan salah satu CSR tersebut pihaknya bekerjasama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementerian Pariwisata, Kementerian Sosial, dan Kementerian Perdagangan. Para perempuan yang tergabung dalam binaan UKM dikumpulkan dalam suatu pertemuan untuk diberikan pembekalan tentang ekonomi.

"Para ibu - ibu hadir. Mereka ada yang berdagang, ada yang bawa anak, karena sangat antusias untuk mengikuti penyuluhan literasi keuangan perempuan. Kami memberikan modul tentang keuangan yang sangat dasar," papar Nini.

Prudential juga mengedukasi ibu-ibu untuk menabung dan berinvestasi. Selain itu Prudential juga mengajarkan pentingnya memiliki asuransi jiwa. Keamanan ekonomi di masa depan bisa dimiliki ibu dan keluarga apa bila semuanya direncanakan dengan matang sejak dini.

Filed under
KELUARGA, BELANJA, DISKON

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00