19Mar 0

Nuansa Braga Dalam Balutan Busana

Dunia Ibu  •   Isabela Rosalini
Seri ini berusaha menampilkan sisi Braga di tahun itu yang fashionable, namun maskulin, yang memang jadi tren di seluruh dunia.

Bandung dikenl dengan istilah "Paris van Java" bukan hanya karena keelokan landscapenya tapi juga sering kali menjadi sumber inspirasi para seniman melahirkan karyanya. Nah ternyata, koleksi Shafira musim ini pun terinspirasi salah satu sudut kota di Bandung lho. Kota apa ya?

Kepala Desainer Shafira, Sethyawan, mengatakan, kali ini akan menyuguhkan sesuatu berbeda dari show yang pernah ada. Fashion show akan diatur seperti lorong waktu nuansa 1920-1930an hingga kecantikan braga yang modern di masa sekarang.

Mengusung tema Ngabaraga yang artinya jalan-jalan menyusuri Sungai Cikapundung, pada kesempatan itu juga Shafira memamerkan sebagian koleksi Ngabaraga yang memiliki ciri khas gaya androgini dengan warna natural yang cerah seperti biru langit, white creme, pink senja dan hijau tosca.

Label busana muslim Shafira melihat salah satu DNA Kota Bandung terletak pada Jalan Braga. Selain karena bangunan tempo dulu, juga gaya hidup di kawasan yang sejak dulu sudah ramai dengan butik mode asal Paris, Perancis.

"Bahkan dulu ada istilah, orang kalau mau dilihat dan melihat (pakaiannya), ya ke Jalan Braga," kata Kepala Perancang Shafira, Shetiawan, di Bandung, Jawa Barat, Senin (19/3/2018).

Tampilan pertama berkonsep Braga di tahun 1920-an. Seri ini berusaha menampilkan sisi Braga di tahun itu yang fashionable, namun maskulin, yang memang jadi tren di seluruh dunia. Sisi maskulin tersebut nampak dari siluet yang muncul dengan ukuran oversized.

Dari total 60 koleksi baru Shafira, set warna akan dibagi tiga sequence dengan masing-masing membawa kisah alegori tersendiri, yaitu Braga Silam, Braga Kini dan Bagja Braga. Kesan glamour akan ditunjukkan dengan adanya blink-blink kristal di bagian busananya walaupun tak akan banyak.

Kesan glamour juga ditonjolkan lewat kain sutra garut yang memiliki kualitas terbaik. Siluet pakaian ini mengikuti design pakaian yang sedang hits zaman sekarang dengan tampilanlebih fresh. Harga busana koleksi Ngabaraga ini dijual dengan harga yang cukup fantastis, satu setnya dimulai dari Rp 7 -30 juta.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari mengungkapkan dukungannya terhadap brand tersebut. Sebab, ini merupakan salah satu misi Pemerintah Kota Bandung dalam mendukung aspirasi pengembangan ekonomi kreatif yang kini berfokus pada 4F, yaitu bidang Fashion, Food, Folk dan Film.

“Kami membawa misi untuk mengenalkan perkembangan peradaban di Kota Bandung dan prestasi perubahan atas kerja keras semua pihak," kata Kenny.

Fashion show koleksi terbaru Shafira itu dapat disaksikan di Indonesia Fashion Week (IFW). Keterlibatan Shafira kelima kalinya menjadi suatu pembuktian eksistensi brand muslim premium ini untuk kembali hadir menjadi trend-setter dan menginspirasi wanita muslimah.

 

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00