03Mar 0

Millenials Gemar Berburu Preloved Items

Dunia Ibu  •   Vera Erwaty Ismainy
Untuk dapatkan barang fashion kualitas terbaik, biasanya mereka membeli barang-barang branded secondhand dengan harga serendah mungkin, yang pastinya jauh lebih mudah dijangkau dibanding beli baru.

Bicara soal generasi millennial, yang terlintas dalam benak kita tidak jauh-jauh dari media sosial dan gaya hidup terkini. Soal pilihan gaya fashion, generasi muda yang lahir di antara tahun 1980-an sampai 2000-an ini (apakah dirimu termasuk?) bisa dikatakan sangat mengikuti tren. Kebutuhan tampil trendy ini mau tidak mau menyetir perilaku belanja mereka.

Dilansir dari Asia Luxury Index 2017, millennial tidak memiliki uang sebanyak generasi pendahulunya. Untuk dapatkan barang fashion kualitas terbaik, biasanya mereka membeli barang-barang branded secondhand dengan harga serendah mungkin, yang pastinya jauh lebih mudah dijangkau dibanding beli baru.

Beli barang preloved juga pada dasarnya bukan tanpa pertimbangan. Berdasarkan survey yang dilakukan kepada generasi millennial usia 18 – 34 tahun di tujuh negara (Australia, China, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Islandia Baru, dan Singapura), ada 4 faktor yang dilihat millennial sebelum memutuskan beli barang branded mewah.

1. Frekuensi pembelian biasanya satu kali dalam 1 – 3 bulan.

2. Produk yang paling banyak dibeli adalah sepatu dan aksesori berbahan kulit (tas, salah satunya).

3. Soal brand, Chanel yang paling banyak difavoritkan, diikuti Balenciaga, Hermés, Prada, dan Gucci.

4. Konsumen millennial mementingkan kualitas material, warna, dan kondisi produk saat dijual preloved.

Perilaku konsumen millennial ini pun pada akhirnya mempengaruhi resale industry yang meningkat dari $18 miliar di 2016 hingga $33 miliar di 2021. Data ini diambil dari laporan “Fashion Re-Commerce Update” oleh Fung Global Retail & Technology, yang juga mengindikasikan barang branded merupakan salah satu bentuk investasi. Apalagi peminat barang fashion dari rumah mode dunia (seperti tas mewah Hermés Birkin) tidak menunjukkan penyurutan, bahkan semakin meningkat.

Nah buat kamu millenials yang ingin berburu preloved items, yang terpenting belilas tas yang kamu inginkan di store atau retailer yang sudah terpercaya. Kamu juga bisa berburu di bazaar baranf preloved yang sudah berpengalaman seperti Irresistible Bazaar ke 11 yang baru saja dibuka di West Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat Rabu (28/2).

Founder Irresistible Bazaar Marisa Tumbuan mengatakan, bahwa pelaksanan Irresistible Bazar ke 11 ini di gelar selama lima hari mulai 28 Februari sampai 4 Maret. Bazar di mulai dari pukul 10.00 WiB sampai pukul 22.00 WIB. Di sini kamu bisa menemukan barang-barang preloved yang datang dari brand ternama seperti Chanel, Hermes, Gucci, YSL, dan lain-lain dengan jaminan keaslian dan harga yang spesial.

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00