29Mei 0

Melewati Masa “Golden Age” Anak dengan Pendidikan yang Tepat

Dunia Ibu  •   reiny
Di usia-usia emas, anak dianjurkan untuk belajar di institusi yang pas.

 

Setiap orang tua pasti ingin memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anaknya, entah itu pendidikan formal atau non-formal. Tujuannya agar anak bisa tumbuh dan berproses membangun karakter menjadi manusia yang berpendidikan dan bermoral baik setuju, moms? Tapi, sebagai orang tua muda kadang bingung memilih sekolah yang mana dan apa yang dibutuhkan untuk anak kita khususnya di masa “golden age”. Mengingat begitu banyaknya pilihan preschool dan sekolah lanjutan yang menawarkan beragam kurikulum nasional ataupun internasional.

Masa “golden age”  ialah masa Anak Usia Dini (AUD) untuk mengekplorasi hal-hal yang ingin mereka lakukan, senang bermain dan peka terhadap rangsangan sekitar. Kurang lebih 80% otak anak mengalami perkembangan pada usia 0-6 tahun. Moms, pada usia ini akan menyerap segala informasi yang baik ataupun yang buruk dan akan menjadi dasar terbentuknya karakter, kepribadian, serta kemampuan kognitif. Di sini peran orang tua dan pendidikan usia dini sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan perkembangan dan pembentuk karakter anak-anak.

Sekarang, banyak sekali pre-school yang menawarkan pendidikan formal dan non-formal, orang tua bisa memilih sekolah usia dini sesuai kebutuhan anak agar bakat dan pendidikan karakternya berkembang maksimal pada masa “golden age”. Kids Education Expo Indonesia yang digelar beberapa waktu lalu menjadi salah satu pameran pendidikan terpenting yang menghadirkan lebih dari 20 sekolah dari Indonesia dan Internasional, termasuk 20 seminar mengenai parenting, nutrisi serta 5 kategori kompetisi anak untuk menstimulasi anak-anak yang hadir dan berpartisipasi di sana. Para orang tua juga berkesempatan untuk berkonsultasi secara langsung dengan sekolah-sekolah yang ada di sana dan mendapatkan  kejelaskan tentang kurikulum apa yang cocok untuk anak-anak.

Mendidik buah hati dengan subjek pendidikan yang pas akan menjadi investasi masa depan yang signifikan. Terlebih, di usia keemasan ini akan menentukan individu, serta potensi seperti apa yang akan mereka kembangkan saat dewasa nanti.

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00
Hamil Besar Tak Hentikan Rosie...
11 April 2017 13:00
Dressing for Two: Hamil, Natalie...
01 Februari 2017 14:04
Cute Together: 9 Pasangan...
10 Januari 2017 12:00