20Okt 0

Kiwi Bantu Atasi Obesitas Pada Anak

Dunia Ibu  •   FimelaFamily Editor
Kesehatan Sang Buah Hati jadi hal paling penting buat para ibu. Kegemukan atau obesitas jadi salah satu problem yang menggangu kesehatan Si Kecil. Ini dia cara mudah dan ampuh mencegah obesitas.

Anak yang tumbuh besar dan gemuk memang terlihat lucu dan menggemaskan. Tapi kini, kegemukan pada anak sudah menjadi musuh dalam dunia kesehatan karena kegemukan pada anak atau yang sering dikenal obesitas menjadi akar dari berbagai penyakit metabolisme tubuh.
Ketika anak memiliki kelebihan berat badan yang disebabkan oleh timbunanan lemak berlebih maka kondisi ini bisa disebut obesitas. Hal ini terjadi karena kalori yang dikonsumsi anak lebih banyak dibandingkan yang seharusnya diperlukan tubuh. Faktor genetik hingga lingkungan bisa jadi salah satu faktor yang membuat anak lebih banyak duduk dan tidak melakukan aktivitas fisik.

Hal ini harus segera dicegah karena akan semakin memperburuk kondisi kesehatan anak. Selain itu juga agar anak tidak memiliki risiko besar menderita diabetes yang bisa mengakibatkan kematian di usia dini (kematian di bawah usia 55 tahun). Seram ya, Mom!

Menurut Dr. Arman B. Pulungan, Sp.A (K)., Ketua 2 Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), angka obesitas pada anak di Indonesia sudah masuk dalam tahap memprihatinkan. Ini disebabkan oleh penerapan pola makan yang salah dan kurangnya aktivitas fisik sehingga mengakibatkan jumlah anak obesitas meningkat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Ternyata DKI Jakarta menjadi kota dengan angka tertinggi yang memiliki anak obesitas. "Berdasarkan data Riskesdes 2010, sebanyak 19.6% anak-anak di Jakarta sudah masuk dalam kategori gemuk. Angka ini cukup menggerikan mengingat obesitas atau kegemukan pada anak bisa meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti diabetes , " jelas Dr. Arman B. Pulungan, Sp.A (K).

 

 

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00
Perawatan Rambut Harus Sesuai...
17 September 2018 17:00
Sebagai Masyarakat Urban, Kita...
26 Agustus 2018 14:00