01Okt 0

Laura Basuki Percaya, Pelukan Pada Si Buah Hati Berpengaruh Besar Untuk Kesehatan

Dunia Ibu » Inspiring Story  •   Monica Dian
Aktris Laura Basuki berbagi cerita tentang caranya memberikan rasa nyaman dan bahagia pada putra kecilnya Owen.

Dengan tubuh dan wajah mungilnya yang menggemaskan, orang-orang pasti gemas melihat si kecil. Rasanya ingin terus memeluknya kan, Moms? Tahukah kamu, pelukan ternyata bukan hanya ekspresi kasih sayang, tapi juga memberikan rasa nyaman pada si kecil dan berdampak pula pada kondisi kulit.

Menurut dr. Titi Lestari Sugito, Sp.KK (K), Penasihat Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia – Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit & Kelamin (Perdoski), kulit adalah cerminan dari semua respons dari dalam tubuh. “Respons psikis akan tercermin di kulit. Jika psikis sehat, kulit pun sehat,” ujarnya.

Ketua Perdoski (2008-2011) ini juga menambahkan bahwa melalui sentuhan dan pelukan, anak akan merasa disayang, nyaman, dan aman. Inilah yang membuat sentuhan dan pelukan berpengaruh pada psikologi anak. “Sentuhan, love touch, kepada bayi sangat berpengaruh ke kulit. Melalui saraf sensoris kulit akan merangsang efek psikologis bayi, kemudian tercermin kembali pada kulit. Bayi yang aman, nyaman, dan merasa disayang tampak melalui kulit. Tandanya kulit sehat, berseri, cerah, bersih, tidak kusam, tidak pucat, lembut saat disentuh, kenyal, halus, dan tidak bersisik.”

Agar menambah rasa nyaman dan bahagia si kecil, pelukan yang diberikan pun sebaiknya diiringi dengan napas yang intens. Berdasarkan studi dari Unicharm Jepang yang berkolaborasi dengan Profesor Hideki Ohira dari Nagoya University, Jepang, terdapat perbedaan antara pelukan ibu yang bernapas normal dengan bernapas dalam-dalam. Ketika ibu bernapas dalam, pelan, dan intens, terjadi penurunan interval denyut jantung yang menimbulkan peningkatan rasa tenang dan rileks hingga tiga kali lipat dibandingkan jika ibu memeluk bayi sambil bernapas biasa.

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00
Perawatan Rambut Harus Sesuai...
17 September 2018 17:00
Sebagai Masyarakat Urban, Kita...
26 Agustus 2018 14:00