22Mei 0

Beragam Resiko yang Dialami Perempuan Jika Mengidap Diabetes

Dunia Ibu » Health  •   FimelaFamily Editor
Beragam resiko bisa dialami seorang perempuan bila terkena penyakit diabetes. Yuk, baca infonya di sini, Bu.

Saat seseorang menderita diabetes, banyak resiko yang akan dirasakan. Salah satunya adalah penderita wajib menjaga pola makan dan mengurangi makanan manis dan banyak mengandung gula. Tapi, ada beberapa resiko yang hanya akan dialami oleh perempuan penderita diabetes. Apa saja itu?

1. Mengalami Ketidaksuburan

Gula darah yang nggak terkontrol dengan baik, membuat aliran darah dalam tubuh terganggu. Ini membuat perempuan penderita diabetes bisa mengalami ketidaksuburan. Hal ini disebabkan oleh terganggunya sistem reproduksi pada proses pembuahan perkembangan janin akibat dari aliran darah yang terganggu tersebut. Perempuan yang menderita diabetes juga mengalami gangguan pada fungsi hormonnya sehingga berpengaruh pada sistem reproduksinya.

2. Menderita Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Obat-obatan yang dikonsumsi oleh perempuan penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula darah, menyebabkan kelembapan yang tinggi di daerah intim. Kelembapan yang tinggi ini menimbulkan keputihan yang berlangsung secara terus-menerus sehingga menyebabkan resiko infeksi saluran kemih atau ISK. Gangguan yang disebut dengan neuroqenic bladder ini memang akan sering dialami oleh perempuan penderita diabetes. Oleh karena itu, sebelum ini terjadi, maka penderita harus mengonsultasikan masalah keputihan yang dialaminya oleh dokter.

3. Fungsi Seksual Terganggu

Perempuan yang menderita diabetes biasanya akan mengalami rasa nggak nyaman saat berhubungan seksual. Mengapa? Hal ini disebabkan oleh rusaknya syaraf dan pembuluh darah yang membuat perlendiran vagina atau pelumas sebagai respon seksual berkurang. Dengan berkurangnya pelumas vagina, maka saat melakukan hubungan seksual, para penderita diabetes akan merasakan sensasi yang nggak nyaman. Itulah mengapa hasrat seksual jadi menurun dan hubungan seksual dengan pasangan terganggu.

Menurut dr. Dyah Purnamasari, SpPD, Staf Divisi Metabolik Endokrinologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI, terganggunya fungsi seksual juga disebabkan oleh faktor psikologis penderita. "Umumnya, saat seseorang mengetahui dirinya menderita suatu penyakit, diabetes misalnya, kondisi psikologis dia akan terganggu. Pikirannya hanya terfokus pada kesembuhan penyakit yang berakibat pada menurunnya hasrat seksual," jelasnya.

4. Berpengaruh pada Kehamilan

Diabetes pada ibu hamil bisa terjadi dalam dua kondisi, yaitu perempuan yang memang sebelum hamil sudah menderita diabetes atau dia baru terkena diabetes saat sedang mengandung. Kedua kondisi ini sama-sama bisa berakibat buruk bagi ibu dan janin yang sedang dikandungnya, jika nggak dikelola dengan baik. Penyakit diabetes pada ibu hamil bisa berakibat keguguran, bayi lahir meninggal, bayi lahir besar, pre-eklamsia, persalinan prematur, dan cairan ketuban berlebih atau hidramnion.

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00
Perawatan Rambut Harus Sesuai...
17 September 2018 17:00
Sebagai Masyarakat Urban, Kita...
26 Agustus 2018 14:00