15Jul 0

Hadiah Salah Satu Trik Ajarkan Anak Puasa?

Dunia Ibu  •   FimelaFamily Editor
Iming-iming hadiah atau reward untuk anak yang sedang belajar berpuasa seringkali diterapkan para ibu. Sebenarnya seperti apakah fungsi reward bagi anak di bulan puasa?

Memang nggak bisa dipungkiri kalau kebanyakan ibu tentu pernah memberikan iming-iming hadiah atau reward untuk membujuk atau mengajarkan anak berpuasa. Sebenarnya nggak hanya saat Si Kecil belajar puasa, dalam pelbagai hal pemberian reward seringkali dijadikan alat untuk para orangtua dalam mendidik anak.

Seperti yang diakui oleh drg. Rima Febrianti (33), ibu dari tiga anak ini. Putra sulungnya, Daffa (8) sudah belajar puasa hingga waktu berbuka. Tahun sebelumnya, Daffa pun sudah ikutan puasa tetapi belum sampai Maghrib. Jadi tahun ini adalah kali pertama Daffa belajar untuk puasa penuh.

Rima lebih memilih untuk tidak sekadar memberikan reward sebagai iming-iming untuk anaknya ketika belajar puasa. Tetapi ibu bekerja ini memilih untuk menjelaskan dari sisi agama untuk apa puasa dan apa gunanya.

“Saya nggak menjanjikan sesuatu untuk Daffa tetapi lebih memperlakukan dengan baik. Ya istilah diservis benar-benar. Saat sahur saya tanya mau makan apa, terus disiapin dan bahkan disuapin. Susu dan vitamin sudah saya siapkan juga. Begitupun ketika akan berbuka puasa,” kata Rima.

Meski Rima nggak mengelak kalau Daffa, anaknya pun menanyakan imbalan atau hadiah apa yang akan didapat kalau berhasil puasa satu bulan. “Daffa tanya, apakah dirinya mendapatkan imbalan uang kalau berhasil puasa. Saya pun menjelaskan bahwa nggak hanya uang yang tapi juga pahala dari Allah. Tapi saya bilang kalau Daffa nggak full puasanya karena sakit, ya hadiah juga gak full,” imbuhnya.

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00
Perawatan Rambut Harus Sesuai...
17 September 2018 17:00
Sebagai Masyarakat Urban, Kita...
26 Agustus 2018 14:00