13Jan 0

Saluran Pencernaan Sehat Dukung Tumbuh Kembang Otak

Bayi & Balita » Tumbuh Kembang  •   Vera Erwaty Ismainy
Melihat anak tumbuh dan berkembang dengan baik tentu jadi harapan orang tua. Waspadai gangguan pencernaan karena bisa mengganggu tumbuh kembang si kecil.

 

Moms, berbagai cara bisa dilakukan untuk mendukung proses tumbuh kembang si kecil. Salah satunya dengan pemberian nutrisi yang sesuai dengan kebutuhannya. Agar nutrisi dapat mendukung tumbuh kembangnya, anak harus memiliki saluran pencernaan yang sehat. 
 
Dokter Spesialis Anak, Ahmad Suryawan, Sp. A (K), mengungkapkan sebuah konsep yang disebut Gut-Brain-Axis. Konsep ini adalah saluran cerna dan otak secara aktif melakukan komunikasi dua arah melalui sinyal biokimia. Saluran cerna yang sehat mengirimkan sinyal positif sehingga dapat memengaruhi perkembangan otak.
 
Begitu pula sebaliknya, sinyal yang dikirimkan otak akan memengaruhi komposisi mikrobiota yang terdapat dalam saluran cerna, sehingga berdampak pada proses penyerapan nutrisi. Ini nih Moms sebabnya kenapa saluran cerna atau usus dianggap seperti otak kedua.

Pada bayi yang mendapat ASI eksklusif sampai usia dua tahun, terjadi kolonisasi bakteri yang luar biasa pada saluran cerna, yang akan memberi sinyal pada pembentukan sirkuit-sirkuit otak.

"Jadi bisa dikatakan, masa ini adalah golden period pembentukan synaps otak. Sinyal dari kolonisasi bakteri pada saluran cerna bayi yang baik tersebut akan mempunyai efek jangka panjang terhadap otak," ujarnya.

Banyak dari kita yang masih menganggap saluran cerna hanya berfungsi sebagai organ utama pencernaan dan penyerapan nutrisi. Padahal, saluran cerna juga berfungsi sebagai sistem imunitas utama dan berperan penting pada pertumbuhan otak dan tumbuh kembang anak. Daya tahan tubuh 80%-nya berada pada saluran cerna alias usus.

Saluran cerna yang baik adalah saluran cerna yang mempunyai bakteri baik lebih banyak dari bakteri jahat. Ini ditandai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak yang sesuai dengan yang direkomendasikan dan jarang mengalami gangguan pencernaan. Beberapa bentuk gangguan pencernaan kolik, diare, konstipasi, sakit sebelum BAB dan muntah berulang.

ASI mengandung probiotik yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satu probiotik yang terpenting adalah Lactobacillus Reuteri. So Moms, terbukti kan kalau ASI sangat penting untuk tumbuh kembang si kecil? Dukung tumbuh kembangnya dengan memberikannya dengan maksimal ya.

 

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00
Perawatan Rambut Harus Sesuai...
17 September 2018 17:00
Sebagai Masyarakat Urban, Kita...
26 Agustus 2018 14:00