18Jan 0

Pentingnya Memeriksa Kondisi Popok Bayi Secara Berkala

Bayi & Balita » Tumbuh Kembang  •   Vera Erwaty Ismainy
Mengganti popok bayi sebaiknya dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama, Moms. Kulit si kecil berisiko terkena iritasi kalau terlalu lama terkena urine.

 

Dengan berbagai alasan, terkadang kita malas mengganti popok bayi kalau belum penuh. Padahal kulit bayi bisa terkena iritasi kalau terkena urin dalam waktu yang lama. Walaupun popok bayi sekali pakai yang banyak dijual di pasaran saat ini mudah dipakai oleh bayi dan tahan lama, bukan berarti kita sebagai orang tua jadi bisa lepas tangan tak rutin mengecek kondisi popok yang sedang dipakai di kecil.

Ahli konsultan perkembangan anak, Dr. dr. Soedjatmiko, SpA(K), Msi, mengatakan, kandungan urea pada urin yang bocor keluar dari popok bila dibiarkan lama menempel pada kulit dapat membuat iritasi. Kalau sudah demikian bayi tentu akan menjadi rewel. Tidurnya pun tidak akan terasa nyaman.

"Urea itu menempel di kulit bikin merah, kalau dia nanti bergerak-gerak akan lecet nanti. Kalau sudah iritasi mesti dikasih krim segala macam. Jadi mahal lagi kan karena harus beli krim terus bayinya jadi rewel," ujarnya saat ditemui dalam sebuah diskusi.

Solusi lainnya adalah dengan memperhatikan indikator pada popok sekali pakai. Biasanya hal ini ditandai dengan warna popok yang sudah berubah atau tulisan pada popok yang menghilang. Nah jangan lupa dipraktekkan sesegera mungkin ya Moms supaya kulit si kecil tetap terjaga kelembutannya.

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00
Perawatan Rambut Harus Sesuai...
17 September 2018 17:00
Sebagai Masyarakat Urban, Kita...
26 Agustus 2018 14:00