20Jan 0

Optimalkan Tumbuh Kembang Anak dengan Mainan yang Tepat

Bayi & Balita » Tumbuh Kembang  •   Vera Erwaty Ismainy
Dunia anak adalah dunia bermain. Tidak salah kalau dalam masa tumbuh kembangnya pun, kamu melibatkan mainan di dalamnya, Moms.

Siapa bilang mainan anak hanya bisa dipakai untuk bermain? Mainan anak ternyata bisa membantu tumbuh kembangnya juga, Moms. Mainan bisa membantu perkembangan tiga hal di dalam diri anak. Pertama adalah perkembangan fisik anak, seperti bagaimana anak bergerak. Kedua adalah perkembangan kognitif anak, seperti bagaimana anak berpikir. Yang terakhir adalah perkembangan sosial emosional anak, seperti bagaimana anak berinteraksi.

Psikolog anak, Ratih Ibrahim, mengatakan, selain itu anak juga memerlukan stimulasi yang tepat untuk mendukung tumbuh kembangnya. Mainan adalah bentuk stimulasi yang baik untuk anak, misalnya untuk mengembangkan aspek sensorik dan motorik anak. Stimulus juga bisa diberikan lewat suara dan warna-warna. Itulah mengapa mainan anak dilengkapi dengan bunyi-bunyian dan berwarna-warni. Karena hal ini bisa merangsang pendengaran dan penglihatan anak.

Bermain lego merupakan salah satu permainan yang mampu merangsang imajinasi dan psikomotorik anak. Terkait manfaat spesifik LEGO bagi tumbuh kembang anak, psikolog Ratih Ibrahim, mengungkapkan bahwa Setiap anak dikaruniai bakat atau kecerdasan yang lengkap. Kecerdasan yang sifatnya majemuk ini, meliputi kognitif, psikomotor, dan psikososial, butuh dikembangkan secara optimal dengan stimulasi yang sesuai usianya. 

"Bermain LEGO, terutama bersama teman sebaya, anak-anak didorong untuk mengeksplorasi dan mengembangkan seluruh aspek kecerdasannya tersebut," ujar Ratih.

Nah dalam waktu dekat, akan ada event seru untuk buah hati bermain lego. Bricklive, petualangan interaktif Lego akan diadakan pertama kali di PIK Avenue, Jakarta, mulai dari 7 - 17 Juni 2018. Dalam acara tersebut, pengunjung akan disuguhi oleh ragam petualangan lego. Kamu tak hanya akan mendapati lego berbentuk klasik, namun beragam dengan berbagai pola dan bentuk.

Event tersebut diprakarsai oleh Sorak Gemilang Entertainment (SGE) yang berkolaborasi dengan Tokopedia dan PIK Avenue. Dkrektur SGE, Denny Sumali mengatakan Bricklive Jakarta akan menghadirkan 16 area permainan LEGO di mana pengunjung dapat berinteraksi dan berkreasi dengan berbagi jenis LEGO. 

Pada area Brick Pool dan Duplo Pool pengunjung segala usia didorong untuk berimajinasi tanpa batas dan berkreasi menggunakan berbagai jenis LEGO yang disediakan. Pada area Race Tracks pengunjung dapat membangun mobil atau kendaraan dari LEGO dan mengikuti balapan yang diadakan. 
 
"Dalam Bricklive nanti akan disuguhkan 16 wahana lego," ungkap Direktur Sorak Gemilang Entertainment (SGE) Denny Sumali selaku penyelenggara acara di PIK Avenue, Jakarta, Kamis (8/2/2018).
 
Beberapa permainan yang menarik antara lain Brick Pits atau area seperti kolam renang yang berisi lego klasik. Kemudian Duplo Brick Pit, area yang menyuguhkan lego klasik berukuran besar. Lalu Map Build, area yang akan dibangun peta Indonesia dari lego. Area-area lain yang tak kalah menarik seperti Brick Wall, Lego Cities, Lego Architecture, Lego Star Wars, Race Tracks, Mine Craft Build Zone, dan lain-lain.
 
Untuk merasakan pengalaman bermain lego di Bricklive, pengunjung cukup membeli tiket seharga Rp 175.000 untuk regular dan Rp 275.000 untuk VIP. Satu tiket berlaku untuk satu hari. Pembelian dapat dilakukan di Tokopedia, outlet Lego dan PIK Avenue.
 
"Bisa main sepuasnya mulai dari PIK Avenue buka pukul 10 pagi sampai 10 malam," ungkap Denny.
 

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00
Perawatan Rambut Harus Sesuai...
17 September 2018 17:00
Sebagai Masyarakat Urban, Kita...
26 Agustus 2018 14:00