10Mar 0

Asah Otak Bayi Meskipun Masih Di Dalam Kandungan

Bayi & Balita » Tumbuh Kembang  •   FimelaFamily Editor
Jangan meremehkan aktivitas-aktivitas yang kamu lakukan saat mengandung, Moms. Ternyata gerak-gerik kamu dapat mempengaruhi perkembangan otak sang bayi, lho!

Sudah menjadi impian semua ibu untuk memiliki anak cerdas kan, Moms. Penelitian menunjukan bahwa ternyata otak bayi sudah bisa diasah dari saat mereka masih di kandungan karena stimulasi sang ibu dapat mempengaruhi perkembangan otak sang janin.  Untuk memaksimalkan perkembangan otak janin, kamu bisa coba cara-cara berikut:

You are what you eat

Asupan yang sehat bergizi bukanlah hal baru yang para Moms harus ketahui, karena memang asupan kaya nutrisi adalah asupan terbaik untuk kamu dan bayi kamu. Makanan-makanan dengan kandungan vitamin, protein, dan karbohidrat yang cukup dapat membantu perkembangan otak bayi dan juga meningkatkan potensi kecerdasan anak. Hindari zat-zat berbahaya yang biasanya terkandung di dalam processed food atau junk food. Kamu tidak ingin kan, perkembangan bayi terhambat karena apa yang kamu konsumsi?

Hindari stress tingkat tinggi

Kamu harus menyadari bahwa bayi dan calon ibu yang mengandung itu saling berbagi hormon, jadi kamu harus menjaga stress level kamu saat kamu bayi. Jika kamu mengalami stress yang berlebih, saraf otak janin akan terhambat untuk berkembang. Selain itu, kemungkinan bayi untuk lahir prematur akan lebih tinggi jika kamu memiliki tingkat stress yang tinggi. So, kamu harus selalu istirahat yang cukup dan diimbangi dengan olahraga yang cukup dan pola makan yang baik ya, Moms.

Pengaruh suara-suara eksternal pada janin

Sudah ada banyak penelitian dan studi yang menyatakan bahwa musik merupakan faktor eksternal penting dalam perkembangan kognitif anak dan membantu perkembangan komunikasi. Minggu ke-25 adalah waktu yang tepat untuk mulai memperkenalkan musik kepada bayi dalam kandungan sebab pada minggu inilah kandungan dapat mendengar suara-suara dari luar kandungannya. Coba putar alunan musik klasik untuk membantu memori auditori sang bayi. Musik juga berguna untuk kamu, Moms, dalam menenangkan pikiran kamu.

Selain musik, kamu juga bisa rajin-rajin berbicara pada bayi kamu, terutama pada 10 minggu terakhir kamu mengandung. Pada saat itulah sang bayi sudah dapat mengenal suara sang ibu. Lakukanlah komunikasi dengan sering untuk melatih bahasanya nanti saat tumbuh besar.

Berikan sentuhan-sentuhan caring

Seiring perut membesar, kamu pasti sering mengusap dan mengelus-elus perut atas kasih sayang yang akan kamu berikan untuk buah hati. Tapi yang mungkin kamu nggak tahu adalah bahwa sentuhan-sentuhan yang kamu berikan dapat membantu tumbuh kembang sang bayi lho, Moms. Pada minggu ke-8, stimulasi sentuhan akan sangat berarti sebab kandungan akan menjadi cukup besar dan bayi akan mulai mendorong kaki atau tangannya. Bayi di dalam kandungan sangatlah sensitif terhadap stimulasi berupa sentuhan, jadi jangan ragu untuk menepuk-nepuk perut once in a while.

Catat Perkembangan Janin

Memantau perkembangan kehamilan sangat penting karena menyangkut kondisi kesehatan si jabang bayi dan ibu yang mengandungnya. Dan, mengetahui bagaimana kondisi kesehatan keduanya adalah hal urgent yang harus dilakukan agar proses kelahiran dapat berlangsung lancar dan selamat baik bayi maupun ibunya. Memantau perkembangan bayi dalam kandungan dilakukan untuk melihat apakah bayi sudah bertumbuh sesuai usia kehamilan ibu atau tidak.

Kini mencatat perkembangan janin menjadi lebih mudah bersama Teman Bumil. Teman Bumil merupakan aplikasi yang dibuat khusus memenuhi informasi yang dibutuhkan ibu hamil. Ada beragam fitur seperti checklist untuk membantu bunda menjalani masa kehamilan dengan nyaman, fitur record Mum & Bayi yang mempermudah kita untuk terus mencatat perkembangan si kecil, serta artikel-artikel kesehatan yang mengangkat isu-isu keseharian ibu hamil.

Co Founder Teman Bumil, Robyn Soetikno, mengungkapkan mayoritas ibu hamil di Indonesia seringkali dibuat bingung dengan berbagai mitos dan informasi simpang-siur seputar kehamilan. Sementara ibu hamil banyak sekali yang masih enggan untuk lebih terbuka mengungkapkan rasa keingintahuan mereka seputar kehamilan kepada orang lain. Apss Teman Bumil bisa menjadi solusi dengan menghadirkan informasi kesehatan yang kredibel serta melayani pertanyaan yang diajukan ibu hamil secara personal.

Robyn memastikan informasi yang disajikan Teman Bumil dapat diandalkan karena Teman Bumil bekerja sama dengan layanan kesehatan, terutama rumah sakit, dokter, dan psikolog. Secara rutin Teman Bumil juga mengadakan event agar ibu hamil bisa bertemu langsung dengan dokter, instruktur prenatal yoga, serta psikolog. Dalam beberapa bulan ke depan, Teman Bumil akan meluncurkan fitur konsultasi daring sehingga bumil bisa berkonsultasi langsung.

Teman Bumil sendiri berawal dari aspirasi yang disampaikan ibu-ibu milenial dalam forum GueSehat. Komunitas yang digagas Robyn ini berusaha menjadi partner yang baik bagi setiap individu yang ingin meningkatkan kualitas hidup sehat. Sejak diluncurkan pada bulan November 2017, Teman Bumil telah diunduh lebih dari 80.000 kali, baik di PlayStore (Android) maupun AppStore (iOS).

Mayoritas penggunanya adalah ibu-ibu millenial. Bahkan aktris Sandra Dewi pun menggunakan aplikasi ini. Ia menilai aplikasi Teman Bumil lebih cocok dengannya sebagai seorang wanita Indonesia. Hal tersebut karena menurutnya, aplikasi yang dibuat oleh negara lain biasanya memberikan tips yang tidak sesuai dengan budaya masyarakat Indonesia.

"Di aplikasi Teman Bumil dikasih tahu tipsnya, kalau aplikasi di luar negeri tidak semua tipsnya sesuai budaya dan makanan kita," jelas Sandra.

Robyn melanjutkan, ia berkomitmen menjadikan Teman Bumil sebagai partner andalan Ibu selama menjalani masa kehamilan, melahirkan dan program 1000 hari pertama setelah kelahiran anak. Untuk mendukung program tersebut, Teman Bumil akan menyediakan konten ibu menyusui (busui) dengan fitur checklistrecord bayi, resep MPASI, fitur belanja, milestone bayi dan artikel. Konten ini akan membantu Ibu membesarkan anak usia 0-3 tahun. 

“Dalam waktu dekat Teman Bumil akan dilengkapi dengan fitur-fitur baru seperti fitur konsultasi online, forum, kick counter, serta fitur belanja,” ujar Robyn.

Teman Bumil berkomitmen menjadi partner pemerintah mewujudkan program sehat 1000 hari pertama kelahiran. Bisa dibilang saat ini Teman Bumil merupakan partner paling friendly dan komprehensif bagi ibu-ibu di Indonesia.

 

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00