31Agt 0

Snack untuk Bayi 6 Bulan +, Perlukah?

Bayi & Balita » Makanan & Gizi  •   Monica Dian
Mengapa snack penting untuk perkembangan anak? Makanan apa yang baik untuk dijadikan cemilan si kecil?

Bayi yang memasuki usia 6 bulan membutuhkan asupan selain ASI untuk memenuhi kebutuhan energi dan gizinya. Sebagai permulaan, kamu dapat mulai memberikan makanan padat gizi berupa bubur susu dengan tekstur yang lembut sambil tetap memberikan ASI.

Namun tahukah kamu, bayi berusia kurang dari satu tahun rentan kekurangan asupan zat gizi mikro seperti zat besi, vitamin A, zink dan kalsium? Sebagai contoh, untuk memenuhi kebutuhan zat besi bayi harus mengonsumsi 85 gram hati ayam atau 385 gram zat besi per hari. Konsumsi hati ayam atau daging sapi sejumlah tersebut menghasilkan porsi makan yang besar dan menyebabkan bayi mendapat asupan protein melebihi kebutuhan harian sehingga dapat menyimbulkan obesitas.

Salah satu cara tepat memenuhi kebutuhan gizi si Kecil termasuk kebutuhan akan zat gizi mikro yaitu dengan memberikan makanan fortifikasi. Jika kamu terbiasa membuat bubur bayi sendiri, maka kamu dapat mencoba untuk memasukkan snack terfortifikasi ke dalam waktu cemilannya. Snack yang terfortifikasi selain membantu memenuhi asupan energi, karbohidrat, protein dan lemak, juga dapat membantu memenuhi kebutuhan akan zat gizi mikro seperti zat besi, kalsium, vitamin A dan zink.

Snack seperti apa yang dapat kamu pilih? Kamu dapat memberikan biskuit bayi dengan tekstur lembut dan diselingi dengan buah yang dilumatkan. Untuk jadwal pemberiannya, kamu dapat menggunakan panduan jadwal makan untuk bayi usia 6-8 bulan berikut ini. 

06.00 ASI

08.00 Bubur halus/lumat

10.00 ASI/Buah/Biskuit

12.00 Bubur halus/lumat

14.00 ASI

16.00 Buah/Biskuit

18.00 Bubur halus/lumat

20.00 ASI

24.00 ASI

03.00 ASI

Biskuit apa ya yang baik untuk jadi snack si kecil? Kamu bisa mencoba Promina Biskuit Rusk yang bergizi lengkap dan diperkaya dengan Omega 3, Omega 6, dan Kolin untuk perkembangan otak, dengan kalori yang rendah cocok dijadikan sebagai cemilan. Teksturnya yang padat berpori tapi mudah lumer di mulut baik untuk menstimulasi gigi tanpa khawatir membuatnya tersedak. Si kecil dapat menggenggam biskuit ini sebagai camilan yang enak sekaligus mengenyangkan sehingga ia pun bisa belajar makan sendiri, Moms. Promina Biskuit Rusk tersedia dalam 3 pilihan rasa enak: susu, beras merah, dan kacang hijau. Yuk, berikan snack yang sehat dan enak untuknya.

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00
Perawatan Rambut Harus Sesuai...
17 September 2018 17:00
Sebagai Masyarakat Urban, Kita...
26 Agustus 2018 14:00