22Sep 0

Kriteria Makanan Pendamping ASI yang Baik untuk si Kecil

Bayi & Balita » Makanan & Gizi  •   Monica Dian
Saat dikenalkan dengan MPASI, ada empat hal yang harus diperhatikan dalam memilih makanan padat pertamanya. Apa saja? Simak yuk, Moms!

Bayimu sudah mengonsumsi makanan padat pertamanya? Selamat, Moms! Artinya anak tumbuh dengan baik dan mulai belajar mengenali berbagai jenis makanan. Di sinilah peranmu sangat penting dalam membentuk pola makan yang baik sejak dini padanya agar nanti ia tidak menjadi picky eater atau suka pilih-pilih makanan. Memilih makanan pendamping ASI untuk anak tentu tidak boleh sembarangan karena kamu harus memperhatikan 4 kriteria berikut ini untuk membentuk pola makan yang baik sekaligus memenuhi kebutuhan tumbuh kembangnya.

 

Tekstur

Bayi yang baru belajar makan sebaiknya diberikan makanan bertekstur lembut karena ia butuh penyesuaian dari yang biasanya minum ASI. “Karena pertumbuhan gigi bayi belum sempurna benar dan biasanya bayi usia 6-9 bulan baru memiliki empat hingga enam gigi, jadi sebaiknya kita memberikan makanan yang bertekstur lembut dan mudah dicerna bayi,” terang Dr. Widjaja Lukito, Sp.GK.

 

Pilihan Rasa

Berikan ragam jenis makanan sebagai pengenalan akan makanan pertamanya. Pengenalan ini bisa dimulai dengan memberikan berbagai buah-buahan seperti pisang, pepaya, dan alpukat. Kemudian, selingi dengan sayuran seperti wortel, brokoli, dan bayam agar bayi dapat mengenali sayuran sejak dini. Olah sayuran tersebut agar teksturnya menjadi halus dengan cara dikukus dan dihaluskan.

 

Asupan Gizi

Nutrisi pada makanan padat pertamanya tak hanya berperan untuk pertumbuhan fisik si kecil, tapi juga berperan dalam membentuk kecerdasannya. Selain zat gizi makro (karbohidrat, protein, dan lemak), bayi juga membutuhkan zat mikro berupa vitamin dan mineral untuk berbagai proses metabolisme tubuh dan perkembangan sel syaraf. Untuk mendukung pertumbuhan fisik agar si kecil tumbuh sehat dan aktif, ia membutuhkan makanan yang tinggi protein, kalsium, vitamin D, dan vitamin B kompleks. Di sisi lain, untuk perkembangan otaknya ia membutuhkan zat besi, zink, vitamin A, dan asam lemak esensial. Dapat pula dibantu dengan asupan omega 3, omega 6 , dan kolin yang sangat baik dalam menutrisi sel otak.

 

Tahapan Usia

Makanan padat yang diberikan sebaiknya disesuaikan dengan usianya. Tidak hanya tekstur dan jenis bahan makanan, tapi juga porsinya. Saat baru mengenalkan makanan padat pertamanya, mulailah dengan porsi yang kecil namun sering. Porsi bertambah seiring dengan pertambahan usia anak.

 

Empat kriteria tersebut dapat ditemukan pada Promina Bubur Bayi (6 bulan), Bubur Tim (8 bulan), dan Sweet Cereal (9 bulan). Untuk periode 6 bulan pertama sejak bayi lahir, Promina Bubur Bayi memiliki tekstur halus dengan tujuh pilihan rasa yang dapat menstimulasi bayi dalam pengenalan sensori: Milky Beras Merah, Smooth Kacang Hijau, Pisang Susu, Pir Jeruk Pepaya, Ayam Kampung Brokoli Keju, Tim Sapi Wortel, dan Steamed Chicken Mushroom. Sedangkan tekstur agak kasar mirip bubur saring pada Promina Bubur Tim 8+ dan Sweet Cereal 9+ dapat menstimulasi mengunyah dan menggigit sekaligus pertumbuhan gigi. Tersedia pula tujuh pilihan rasa bubur lanjutan 8+/9+ ini yaitu Tim Salmon Norwegia, Daging Brokoli, Ayam Kampung Tomat Wortel, Choco Avocado, Ayam Kampung Kacang Polong, Ati Ayam, dan Ikan Bilis Bayam Wortel agar anak tidak menjadi picky eater di kemudian hari. Tentunya pilihan makanan padat dari Promina ini dapat memenuhi kebutuhan gizi si kecil dan membantu tumbuh kembangnya.

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00
Perawatan Rambut Harus Sesuai...
17 September 2018 17:00
Sebagai Masyarakat Urban, Kita...
26 Agustus 2018 14:00