29Agt 0

5 Trik Kenalkan Bayimu Pada Berbagai Makanan Pendamping ASI

Bayi & Balita » Makanan & Gizi  •   Isabela Rosalini
Si kecil suka memilih-milih makanan pendamping ASI? Jangan khawatir, Moms. Berikut 5 trik untuk mengajarkannya menyukai berbagai jenis makanan.

Di usia 6 bulan, bayi sudah mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI. Sayangnya, tidak semua jenis makanan ia akan suka. Seperti yang dialami oleh seorang ibu bernama Shallena. Minum ASI dan susu formula bukanlah masalah bagi buah hatinya. Namun, si kecil yang berusia 8 bulan tidak suka makan apapun kecuali sereal. Shallena cukup frustasi karena buah hatinya sangat sulit makan, terutama jika itu makanan solid seperti nasi, buah, dan sayuran. Lalu, bagaimana cara agar buah hatinya dapat tertarik makan berbagai jenis makanan selain sereal kesukaannya?

Nah, jika kamu mengalami permasalahan yang sama dengan Shallena mengenai pola makan si kecil, berikut beberapa tips yang dapat kamu praktekkan. Ingat, Moms. Semakin bertambahnya usia, jumlah makanan yang dimakan si kecil akan semakin bertambah. Jadi sangatlah penting memberinya variasi makanan yang dapat memenuhi kebutuhan gizinya.

Jangan Berhenti

Meski si kecil dapat terus mengonsumsi makanan kesukaannya (dalam hal ini sereal seperti kasus Shallena), hal tersebut nggak akan membatasi mulutnya untuk mengenal makanan baru. Cobalah memberikan cemilan beku, misalnya potongan semangka beku. Siapa tahu si kecil suka dengan makanan seperti ini. Terlebih, kita jadi tahu apa saja rasa kesukaannya.

Kreasi Makanan

Agar terasa lebih lezat di lidah si kecil, tawari ia kreasi makanan seperti buah-buahan yang dilumuri yogurt atau sayuran masak yang dicampur dengan puree. Cara ini dapat mengajarkannya mengenali lebih banyak variasi makanan.

Makan Bersama

Pangku anak saat kamu sedang makan. Potong makananmu dalam ukuran kecil, tapi jangan coba tawari makanan tersebut padanya ya, Moms. Biarkan ia sendiri yang tertarik memakannya. Dengan begitu, ia belajar makan jenis makanan lain dengan keinginannya sendiri.

 

Belajar Makan Sendiri

Beri ia semangkok puree dan sendoknya. Biarkan ia makan sendiri dan jangan khawatir ia jadi belepotan. Karena di situlah keasyikan anak menikmati makanannya. 

Tawarkan Biskuit Genggam

Untuk sarapan, beri ia biskuit genggam seperti Promina Marie Biscuit. Biskuit ini diperkaya dengan zat besi, vitamin A, protein, kalsium, dan minyak ikan. Cemilan seperti ini penting diberikan kepada si kecil untuk mencukupi nutrisi tumbuh kembangnya. Apalagi biskuit ini dapat dimakan langsung sehingga memberi manfaat perkembangan keterampilan makan dan bicara.

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00
Perawatan Rambut Harus Sesuai...
17 September 2018 17:00
Sebagai Masyarakat Urban, Kita...
26 Agustus 2018 14:00