14Sep 0

Mengenal Anak Lebih Dekat dengan Bonding Time Bersama Ayah

Ayah » Peran  •   FimelaFamily Editor
Di tengah kesibukan, ayah tetap harus menyediakan waktu khusus untuk anak. Dengan bonding time, ayah bisa dekat, mengenal karakter anak, dan membentuknya agar memiliki karakter yang positif.

Manfaat Bonding Time

Ada banyak hal yang bisa ayah lakukan untuk mengisi bonding time dengan anak, baik itu saat menyediakan waktu setelah seharian bekerja atau saat sedang libur akhir pekan. Dr. Ratna Megawangi, M. Sc., mengatakan bahwa bonding time memang seharusnya dilakukan ayah kepada buah hatinya. Seorang ayah harus menyediakan waktu untuk memperhatikan tumbuh kembang anak karena hal tersebut memiliki beberapa manfaat, seperti membuat ayah lebih dekat dengan anak dan membentuk karakter anak jadi lebih baik.

“Ayah tak boleh terlalu fokus pada pekerjaan hingga membuat mereka lupa untuk berinteraksi dengan anak, sediakanlah selalu waktu untuk mendekatkan diri pada Si Kecil agar kedekatan kalian makin bertambah,” ujar Dr. Ratna.

Menyediakan waktu untuk bonding time dengan anak dirasakan manfaatnya oleh Jeriel Charis, seorang Certified Trainer & Coach yang memiliki dua anak balita. “Manfaat saya menyediakan waktu 20-30 menit sehari untuk bonding time dengan anak sangat terasa sekali. Anak saya jadi lebih akrab dan dekat dengan saya, mereka juga bisa mengekspresikan diri mereka dengan bebas tanpa rasa takut pada ayahnya,” ujar ayah dari Gianina dan Jeconiah ini.

Manfaat bonding time ini juga dirasakan oleh Teddy Miswantara yang sehari-harinya bekerja sebagai Accountant ini. “Yang paling jelas adalah saya merasa sangat dekat secara fisik dan emosional. Saya jadi mengenal karakter masing-masing anak dan jadi tahu bagaimana pendekatan ke masing-masing pribadi yang berbeda. Ternyata, perlu cara yang unik untuk masing-masing karakter mereka,” cerita ayah dari dua anak ini.

 

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00
Perawatan Rambut Harus Sesuai...
17 September 2018 17:00
Sebagai Masyarakat Urban, Kita...
26 Agustus 2018 14:00