24Feb 0

Mengidentifikasi Potensi Anak, Dukungan untuk Kemajuan Buah Hati di Masa Depan

Anak  •   Okinice Meyer
Jadikan si kecil selangkah lebih maju dan memiliki daya saing yang hebat dengan dukungan yang tepat dari ibu yang selangkah lebih maju.

Anak yang hebat tidak terjadi dengan sendirinya. Di belakangnya, pasti ada peran seorang ibu. Dalam perkembangan zaman dan teknologi yang begitu pesat ini, ibu yang hebat pasti tahu bahwa dibutuhkan berbagai dukungan untuk membesarkan anak yang mampu bersaing dan selangkah lebih dekat menuju kesuksesan di masa depan.

Menjadi orangtua dari generasi alfa memang bukan perkara mudah. Beragam teknologi yang mereka dapatkan saat ini dapat berdampak buruk. Kemudahan mengakses informasi apapun dengan mudah bisa menimbulkan konsekuensi yang berbahaya.

Tapi bukan berarti kita harus menjauhkan mereka dari teknologi dan informasi. Bagaimanapun teknologi itu jugalah yang membuat mereka tidak tertinggal. Maka peran yang harus dilakukan orangtua adalah mendidik mereka untuk bisa memanfaatkan berbagai teknologi yang ada dengan benar. Orangtua juga harus memberikan bekal sejak dini kepada generasi ini untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Psikolog Anak, Remaja, dan Keluarga Roslina Verauli menjelaskan peran orang tua sangat penting dalam membantu anak membangun impian yang sesuai dengan potensi bakatnya masing-masing. Orangtua harus mampu memfasilitasi kebutuhan dasar anak untuk mengembangkan potensi diri secara optimal.

Vera mengungkapkan, anak dan orang tua butuh inspirasi dalam membangun impian bersama. Vera menambahkan, bagi anak-anak generasi alfa yang besar di era digital, mereka dianjurkan untuk memiliki keterampilan dan keahlian yang spesifik, dengan mengikuti berbagai kegiatan positif seperti ajang kompetisi sejak kecil.

"Dengan mengikutiajang kompetisi sejak kecil, anak-anak akan memperoleh perubahan positif dari lingkungannya untuk membangun kepercayaan diri mereka atas kemampuannya dan menjadi bintang di masa depan,” ujar Roslina Verauli ketika ditemui dalam event Cussons Bintang Kecil Seasons 6 di Kota Kasablanka (24/2).

Menurut Vera, anak-anak harus mencoba berbagai kegiatan dan ajang lomba bakat sejak dini agar mereka mengetahui sedini mungkin minat dan bakat mereka. Salah satu cara yang efektif seperti mengikuti Cussons Bintang Kecil Seasons 6 yang merupakan ajang pencarian inspirasi terbesar di Indonesia yang mengusung tema “Impian Sang Bintang” serta menjalankan inisiatif sosial dengan mendukung program “Bersama Cerdaskan Anak Bangsa” yang digagas oleh Yayasan Kick Andy dan Super Indo.

"Partisipasi dari kegiatan Cussons Bintang Kecil akan membantu kami meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak tidak mampu di Indonesia melalui pembangunan fasilitas Taman Bacaan Anak di beberapa wilayah terpencil di Indonesia,” ujar Ali Sadikin, Ketua Pelaksana Yayasan Kick Andy.

Bila anak sudah mengetahui minat dan bakatnya, orang tua bisa lebih dini mengoptimalkan potensi yang anak miliki. Namun, Vera menegaskan orang tua tidak boleh memaksa anak mengikuti kehendaknya. Orang tua hanya bertugas mengarahkan. Bakat anak hanya tumbuh optimal bila sesuai dengan minat dan kehendak anak.

 

Filed under
KIDS, ANAK PINTAR, SUSU ANAK

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00
Perawatan Rambut Harus Sesuai...
17 September 2018 17:00
Sebagai Masyarakat Urban, Kita...
26 Agustus 2018 14:00