10Mar 0

Kenali Penyebab Utama Timbulnya Sariawan

Anak » Kuat & Sehat  •   FimelaFamily Editor
Sariawan bisa menyerang siapa saja dalam kondisi apapun, untuk itu kita perlu selalu menjaga kebersihan mulut.

Tahukah fimelova sekitar 25 persen orang di seluruh dunia setidaknya pernah mengalami sariawan satu kali seumur hidup. Ada berbagai macam penyebab sariawan, salah satunya adalah stres.

"Stres adalah penyebab paling umum sariawan karena saat stres, ada hormon yang dilepaskan dimana semua yang dilewati hormon akan dirusak," ujar drg. Rahmi Amtha dalam temu media Obat Kumur Betadine, Jumat 9 Maret 2018.

Sariawan adalah gangguan mulut yang memiliki ciri khas yaitu cekung dengan bentuk oval atau bulat, bagian pinggir berwarna merah karena mengalami peradangan, bagian dasar berwarna putih, dan sakit.

Sariawan menyebabkan jaringan kulit dalam mulut pun ikut dirusak oleh hormon. Padahal mulut adalah organ yang fungsional dimana selalu digunakan dan cukup intens, seperti untuk berbicara atau makan. Hal inilah yang menyebabkan risiko iritasi pada rongga mulut semakin besar saat stres karena jaringan tersebut semakin rentan untuk robek.

Selain stres, penyebab sariawan yang paling umum adalah trauma, seperti tak sengaja tergigit, tergosok, atau tertonjok dari luar. Kekurangan vitamin, susunan gigi tak normal (gigi gingsul), memakai kawat gigi, alergi makanan, kelainan imunitas, dan beberapa hal lain juga dapat menyebabkan bagian mulut bermasalah. Sariawan saat pre-menstruasi juga salah satu masalah yang wajar. Hal ini dikarenakan pada masa tersebut, hormon progesteron menurun sehingga proteksi pada jaringan dalam pun berkurang.


Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sempat memberikan rekomendasi penggunaan beberapa jenis larutan untuk penanganan sariawan dan menjaga kebersihan mulut. Beberapa larutan yang direkomendasikan BPOM adalah povidone iodine1 persen, benzydamine HCl, atau kombinasi dequalinium chloridedan vitamin C, yang dapat diklasifikasikan sebagai antiseptik.

Penggunaan cairan atau larutan antiseptik merupakan salah satu metode untuk mengurangi peradangan pada daerah sariawan dan menjaga kebersihan mulut agar kuman dan bakteri tidak menyebar. Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia Rahmi Amtha mengatakan pemakaian larutan antiseptik merupakan salah satu cara menjaga kebersihan mulut. Saat kebersihan mulut terjaga, risiko terjadinya sariawan karena bakteri ataupun virus akan berkurang secara signifikan.

Salah satu larutan antiseptik yang direkomendasikan untuk menjaga kebersihan daerah mulut adalah larutan povidone iodine 1 persen. Larutan itu merupakan zat anti-mikroba yang memiliki manfaat untuk menjaga kebersihan daerah mulut dan tidak menimbulkan resistensi. Berdasarkan hasil penelitian, cairan kumur antiseptik mengandung povidone iodine terbukti dapat mengurangi 99,4 persen jumlah bakteri dan virus pada rongga mulut dengan efektivitas tinggi dan waktu singkat. Povidone iodine lebih efektif dibanding antiseptik lain, seperti chlorexidine gluconate dengan efektivitas 59,7 persen atau cetylpyridinum chloride dengan efektivitas 97,0 persen.

Educator and trainer Mundipharma, Merry Sulastri, mengatakan povidone iodine secara klinis dapat membunuh kuman, seperti bakteri, jamur, dan virus, di area mulut dan tenggorokkan secara efektif. "Membiasakan melakukan kumur dan gargle selama 30 detik dapat membantu mengurangi risiko dan mencegah infeksi di rongga mulut menjadi makin parah," ucapnya.

 

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00
Perawatan Rambut Harus Sesuai...
17 September 2018 17:00
Sebagai Masyarakat Urban, Kita...
26 Agustus 2018 14:00