01Jul 0

Atasi Bau Mulut Anak Saat Puasa

Anak » Kuat & Sehat  •   FimelaFamily Editor
Saat bulan puasa, bau mulut menjadi salah satu hal yang paling dihindari. Bagaimana jika bau mulut menghampiri anak kita yang sedang berpuasa? Simak yuk tips untuk mengatasinya!

Selama bulan puasa, produksi saliva atau kelenjar air liur kita menurun. Hal ini juga terjadi pada anak-anak kita. Menurut Drg. Ratu Mirah Afifah GCClindent, MDSc, produksi saliva yang menurun inilah yang membuat bakteri di mulut meningkat. “Dengan minimnya produksi kelenjar air liur, kesegaran mulut jadi nggak terjaga. Karena itu, bau mulut jadi satu hal yang tak dapat terhindarkan ketika kita dan anak-anak berpuasa,” ujarnya.


1. Tambah Jadwal Sikat Gigi Anak

Menurut Drg. Ratu, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk meminimalisasi bau tidak sedap pada mulut yang pastinya mengganggu. Hal pertama adalah menambah jadwal sikat gigi anak, yang tadinya misalnya tiga kali sehari pada mandi pagi, mandi sore, dan malam sebelum tidur, kini dapat kita ubah menjadi lima kali sehari.

“Untuk menghindari bau mulut saat puasa, dianjurkan untuk menyikat gigi setelah berbuka puasa, setelah sahur dan sesuai rutinitas biasa, yakni malam sebelum tidur dan pada saat mandi pagi serta sore hari," ujar Drg. Ratu menambahkan. Hal ini berguna untuk membantu anak menyegarkan mulutnya ketika tidak bersentuhan dengan makanan dan minuman apapun seharian.

2. Gunakan Mouthwash  & Sikat Lidah

Gunakan mouthwash untuk menambah efektivitas menyikat gigi. Mouthwash dapat membantu untuk menjangkau area-area sempit pada mulut anak. Selain itu, kita juga bisa meminta anak untuk menyikat lidahnya pelan-pelan guna menghilangkan kuman yang ada di area lidah. Ini berguna untuk sedikit mengurangi bau pada mulutnya.

3. Tingkatkan Konsumsi Air Putih

Cara ketiga adalah kita bisa memberikan anak air putih dalam jumlah yang lebih dari biasanya dan menyeimbangkan gizi pada makanan yang dikonsumsi. “Tingkatkanlah jumlah air putih untuk anak minum saat berbuka dan sahur, kemudian seimbangkanlah gizi dalam asupan makanan berbuka dan sahurnya,” ujar Drg. Ratu.

4. Gunakan "Bantuan" Herbal

Ternyata, penggunaan herbal dapat membantu menyegarkan nafas Si Kecil saat puasa, lho. “Kita bisa menyeduh daun mint dengan satu sendok madu. Madu akan membuat air seduhan lebih manis. Berikan pada Si Kecil saat sahur dan berbuka puasa, agar nafasnya tidak terlalu berbau saat sepanjang hari berpuasa,” tutup Drg. Ratu.

Jadi, sudah tahu kan cara mengatasi gangguan bau mulut tak sedap pada anak saat puasa? Selamat mencoba!

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00
Perawatan Rambut Harus Sesuai...
17 September 2018 17:00
Sebagai Masyarakat Urban, Kita...
26 Agustus 2018 14:00