23Sep 0

5 Tips Singkat Membentuk Perilaku dan Pola Makan Anak

Anak » Kuat & Sehat  •   FimelaFamily Editor
Agar memiliki tata laku dan pola yang baik saat makan, kita harus mendidiknya sejak dini. Fimela Family punya beberapa trik singkat yang dapat kita lakukan, nih. Simak, yuk!

Setujukah kamu jika perilaku, kebiasaan, dan pola makan anak merupakan salah satu  kesulitan kita sebagai orangtua? Karena itu, DR. Rose Mini, M. Psi., alias Bunda Romi punya beberapa trik yang bisa kita terapkan dengan cukup mudah. Ia menyebutnya dengan istilah adaptasi normalisasi perilaku pola makan anak.

“Terkadang kita suka bingung mengapa anak kita nggak mau makan padahal sudah kita berikan makanan yang ia suka. Atau saat duduk di meja makan, anak sering sekali “mengacaukan” meja makan dan melempar-lemparkan makanan. Karena itu, adaptasi normalisasi perilaku pola makan anak ini perlu kita terapkan agar anak nggak canggung berada di meja makan,” ujar Bunda Romi saat ditemui oleh Fimela Family.

Agar anak punya perilaku dan pola makan yang baik, yuk kita terapkan hal-hal berikut ini.

1. Libatkan Anak Saat Makan

Terkadang, jadwal makan kita dengan anak berbeda. Saat kita sedang makan, kita cenderung meninggalkan anak dan makan secara terpisah dengannya. “Harusnya kita melibatkan anak untuk makan bersama kita, biarkan anak untuk melihat bagaimana cara kita makan, tingkah laku kita saat makan, dan pola makan kita. Dengan begitu, anak akan memperhatikan dan “menempelkan” tingkah laku kita di otaknya,” ujar Bunda Romi.

 
2. Biarkan Anak Bereksplorasi dan Bermain dengan Alat Dapur

Saat sedang mempersiapkan makanan, cobalah untuk mengajak anak ikut bermain dengan alat-alat dapur. Jika kita merasa risih, sediakanlah waktu luang untuk membiarkan anak bermain dengan alat-alat dapur. “

Jangan takut berantakan, itu adalah hal yang wajar kita hadapi. Gunanya membiarkan anak bermain dengan alat dapur seperti sendok, garpu, piring, dan hal lainnya adalah agar anak bisa bereksplorasi dan mengenal alat-alat tersebut. Nantinya, ia jadi nggak canggung dan bersikap nggak menyenangkan saat makan di meja makan,” jelas Bunda Romi. Tentu, kita harus menjauhkan Si Kecil dari alat-alat tajam seperti pisau dan lainnya agar tidak membahayakan dirinya.

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00
Perawatan Rambut Harus Sesuai...
17 September 2018 17:00
Sebagai Masyarakat Urban, Kita...
26 Agustus 2018 14:00