16Mar 0

Atasi Gejala Neuropati dengan Konsumsi Vitamin B

Anak  •   Vera Erwaty Ismainy
Studi ini juga membuktikan bahwa konsumsi Vitamin Neurotropik tidak hanya mencegah namun juga bisa mengurangi gejala kerusakan saraf tepi yang dialami.

Fimelova pernah merasa kesemutan? Hati-hati, bisa jadi ini gejala neuropati. Tapi tenang, kesemutan dan kebas karena kerusakan saraf tepi (neuropati) bisa diredakan dengan konsumsi kombinasi vitamin neurotropik.  

Hasil studi Klinis 2018 NENOIN (Penelitian Non-intervensi dengan vitamin neurotropik) mengenai efikasi penggunaan kombinasi Vitamin Neurotropik membuktikan bahwa konsumsi kombinasi Vitamin Neurotropik secara rutin dan berkala dapat mengurangi gejala neuropati seperti kebas, kesemutan, rasa terbakar dan rasa sakit secara signifikan.
 
dr Manfaluthy Hakim, SpS(K), Ketua Kelompok Studi Neurofisiologi dan Saraf Tepi, PERDOSSI Pusat, mengatakan kombinasi vitamin B1, B6 dan B12 secara rutin dan berkala mampu mengurangi gejala neuropati akibat kerusakan saraf tepi. Dalam studi yang dipublikasikan di Asian Journal of Medical Sciences 2018, disebutkan bahwa gejala kerusakan saraf tepi seperti kebas, kesemutan, rasa terbakar dan nyeri hilang secara signifikan.
 
"Selain itu, efek samping dari konsumsi kombinasi vitamin neurotropik secara rutin dan berkala dalam jangka panjang relatif kecil. Studi ini juga membuktikan bahwa konsumsi Vitamin Neurotropik tidak hanya mencegah namun juga bisa mengurangi gejala kerusakan saraf tepi yang dialami,” ujarnya.

Lebih lanjut Prof. Dr. Rima Obeid dari Saarland University Hospital, Jerman, menyampaikan, mengonsumsi kombinasi Vitamin Neurotropik (kombinasi Vitamin B1, B6 dan B12) terbukti lebih efektif dalam mencegah dan mengatasi penyakit neuropati dibandingkan dengan mengonsumsi Vitamin Neurotropik tunggal.

Vitamin Neurotropik tunggal adalah Vitamin B1, B6 atau B12 secara terpisah. Kombinasi Vitamin Neurotropik dapat mengurangi gejala kerusakan saraf tepi seperti rasa nyeri, mati rasa, kesemutan dan menurunnya sensasi. Dalam kondisi terjadinya inflamasi, penguraian Vitamin B6 meningkat sehingga mengurangi rasa nyeri. 

Holger Guenzel, Direktur Divisi Consumer Health PT Merck Tbk mengatakan, MERCK berkomitmen mewujudkan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik dan sehat lebih lama. MERCK juga berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam menyebarkan edukasi dan meningkatkan pemahaman masyarakat terkait kesehatan saraf tepi. Salah satu upayanya adalah dengan menginvestasikan sumber daya untuk penelitian dan menyediakan produk berkualitas tinggi untuk masyarakat.

"Kali ini kami berpartisipasi dalam melakukan studi klinis NENOIN untuk memberikan informasi lebih lanjut pada masyarakat mengenai cara tepat menangani gejala neuropati yang mereka alami. Dengan adanya hasil studi klinis ini, kami harap masyarakat dapat menjaga kesehatan sarafnya secara optimal dan memperbaiki kualitas hidupnya masing-masing.” paparnya.

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00
Perawatan Rambut Harus Sesuai...
17 September 2018 17:00
Sebagai Masyarakat Urban, Kita...
26 Agustus 2018 14:00