18Mar 0

Chelsea Tawarkan Rasa Lokal di Bandung

Anak » Info  •   Vera Erwaty Ismainy
Rasa Lokal menampilkan rasa yang berbeda di Bandung. Rio Motret mengatakan, mereka sengaja berinovasi agar bisa memberikan kejutan bagi pembeli.

Kita tentu sudah familiar dengan ragam oleh-oleh khas Bandung. Tapi rasanya belum ada nih oleh-oleh kekinian yang mengangkat cita rasa lokal. Chandra Kurnia, pemilik usaha keripik dengan sambal Indonesia Rasa Lokal, akhirnya membuka gerai ketiganya di Bandung. Dua gerai sebelumnya dibukanya di Bali dan Surabaya.

Jika nama Chandra tidak familiar bagi publik, nama Glenn Alinskie, Chelsea Olivia, dan Rio Motret jauh lebih populer. Menggandeng ketiganya, Chandra mendirikan UKM Rasa Lokal sejak beberapa waktu lalu. Dan, benar saja pesona tiga selebritas tersebut sukses sebagai magnet bagi pengunjungi mendatangi gerai Rasa Lokal terbaru di Bandung yang terletak di Jalan Dr Cipto nomor 14.

Sukses dengan keripik singkong bercocolkan sambal matah dan betutu di Bali, serta keripik singkong dengan sambal korek dan sambal ijo, Rasa Lokal menampilkan rasa yang berbeda di Bandung. Rio Motret mengatakan, mereka sengaja berinovasi agar bisa memberikan kejutan bagi pembeli.

"Jadi hasil UKM Bandung kami jual di sini. Kami membantu produk lokalnya. Enggak cuma oleh-oleh, di sini ada kopinya juga, terus ada menu minuman lainnya juga. Jadi yang ke sini enggak cuma ibu-ibu, anak dan bapak-bapak juga bisa," kata Chelsea.


Glenn dan Chelsea pun bercerita tentang bagaimana ide awal merintis usaha ini. "Kami tuh memang tukang makan dan jalan-jalan," kata Chelsea.  "Jadi karena memang suka makan dan jalan-jalan ini akhirnya kami bikin Rasa Lokal," timpal Glenn. Glenn berharap jajanan yang dijajakannya bisa di kenal di negeri orang. "Bahkan bisa kasih ke orang luar Indonesia. Misal dibawa traveling, kita kasih ke orang luar Indonesia, cita rasanya yang kami tingkatkan. Jadi taste of Indonesia yang kami tonjolkan," ujar Glenn.

Rasa Lokal juga bertujuan mengangkat kuliner Indonesia agar lebih dikenal. Glenn Alinskie mengatakan, Rasa Lokal ingin makanan Indonesia bisa dinikmati semua orang di mana saja. Glenn sendiri memiliki rasa favorit dari tiga varian barunya, yaitu nasi kuning. Sedangkan Rio paling menyukai rasa mi kocok.

Satu bungkus keripik Rasa Lokal dibanderol seharga Rp 25 ribu. Untuk pembelian 5 bungkus, harganya menjadi Rp 23 ribu per satuannya.

Rasa Lokal Bandung juga menjajakan sejumlah produk UKM yang mereka kurasi. Chandra mengatakan, Rasa Lokal namun hanya menerima produk UKM yang berskala menengah. "Tujuan kami membantu yang belum terkenal, yang belum punya toko. Yang sudah impor kami tidak tampung," katanya.

Dalam peresmian Rasa Lokal Bandung, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan kotanya memang menarik bagi wisatawan. Bandung tercatat dikunjungi tujuh juta wisatawan dengan perputaran uang di dunia wisata kuliner mencapai Rp 7 triliun.

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00