13Okt 0

Stimulasi Otak Anak Jadi Kreatif Lewat Permainan Imajinatif

Anak » Cerdas & Aktif  •   FimelaFamily Editor
Bermain dapat membuat anak mengekspresikan diri sebebas-bebasnya. Selain itu, otak anak juga bisa terstimulasi jadi kreatif lewat permainan, lho! Intip yuk, caranya!

Permainan Imajinatif

Anak-anak memiliki imajinasi tanpa batas. Saat bermain dengan boneka atau didongengkan oleh orangtua, anak biasanya akan berimajinasi tentang apapun yang dia inginkan. Karena itu, kita sebagai orangtua harus membiarkan anak untuk melakukan permainan imajinatif. “Permainan imajinatif adalah permainan yang dapat menstimulasi kemampuan anak untuk berimajinasi.

Misalnya ia bermain Barbie, atau role play dengan teman-temannya. Anak-anak kan biasanya suka berandai-andai jadi princess, kupu-kupu, atau lainnya. Nah, permainan imajinatif ini berguna untuk membangun kemampuan kognitif anak di kemudian hari,” ujar Ajeng Raviando, P.Si., seorang psikolog anak saat ditemui Fimela Family di acara Barbie’s Day Out, Mall Kelapa Gading pekan lalu.

Menurut Ajeng, anak-anak membutuhkan stimulasi-stimulasi agar kreativitasnya berkembang. Stimulasi yang dapat dilakukan adalah dengan bermain dan biarkan mereka berkhayal sebebas-bebasnya ketika mereka sedang bermain. “Kreativitas itu bukan sekadar ada. Tapi, kreativitas itu harus dikembangkan lebih lanjut dan diasah. Mainan-mainan dan dongeng, bisa membantu anak untuk menstimulasi otaknya,” tutur psikolog berambut panjang ini.

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00
Perawatan Rambut Harus Sesuai...
17 September 2018 17:00
Sebagai Masyarakat Urban, Kita...
26 Agustus 2018 14:00