24Feb 0

Sarapan, Kunci Anak Berprestasi di Sekolah

Anak » Cerdas & Aktif  •   Monica Dian
Merasa khawatir Karena nilai anak di sekolah tidak menunjukkan adanya perbaikan? Ini solusinya!

Jika anak tidak menunjukkan adanya peningkatan nilai akademis, bisa jadi anak tidak bisa cukup fokus dan berkonsentrasi saat menerima pelajaran di sekolah, Moms. Kalau anak bisa fokus pada pelajarannya dengan baik, maka ia akan lebih mudah berprestasi. Nah, salah satu cara untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi anak di sekolah adalah sarapan.

Sebuah penelitian menunjukkan kalau anak yang makan sarapan bergizi bisa 4,5 kali lebih berprestasi di sekolah lho, Moms. Namun, nggak banyak ibu yang tahu akan pentingnya sarapan untuk si kecil. Fakta bahkan menyebutkan bahwa 60% anak Indonesia tidak memiliki kebiasaan sarapan dan 44,6% anak Indonesia tidak mendapatkan sarapan yang bergizi.

Walau terkesan sepele, sarapan mempunyai segudang manfaat bagi tubuh. Setelah bangun pagi, tubuh memerlukan kesiapan energi otak dan stamina. Itulah sebabnya sarapan yang menyumbang 20-25% total energi harian sangat dibutuhkan untuk mengisi cadangan energi awal saat memulai aktivitas. Sarapan juga berfungsi mencegah sulit BAB, Hipoglikemia, pusing, loyo, kerakusan, dan kegemukan. Yang terpenting adalah sarapan membuat otak lebih tajam dan lebih mudah berkonsentrasi.

Sarapan yang ideal pun sebaiknya mengandung tiga zat gizi utama, yakni Go (karbohidrat), Grow (protein), serta Glow (vitamin dan mineral). Tidak perlu takut repot menyiapkan sarapan bergizi, Moms. Ketiga zat gizi tersebut bisa kita dapatkan dari sereal Koko Krunch yang dikonsumsi dengan susu Dancow. Koko Kruch terbuat dari gandum utuh dengan rasa cokelat yang nikmat, sementara Dancow mengandung FortiGro yang terdiri dari zink, zat besi, kalsium, dan protein. Agar semakin bernutrisi, tambahkan pula potongan buah segar seperti strawberry, kiwi, pisang, atau anggur.

Memulai hari dengan rutin sarapan tentu akan sangat membantu si kecil lebih konsentrasi dalam menerima pelajaran sehingga ia bisa mendapatkan nilai terbaik di sekolah. Ia pun jadi lebih berenergi sepanjang hari dan tidak mudah sakit karena daya tahan tubuhnya meningkat. Yuk, terapkan perilaku dan budaya makan sehat melalui sarapan!

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00
Perawatan Rambut Harus Sesuai...
17 September 2018 17:00
Sebagai Masyarakat Urban, Kita...
26 Agustus 2018 14:00