24Feb 0

Kiat Membentuk Karakter Positif Anak Sejak Dini

Anak » Cerdas & Aktif  •   FimelaFamily Editor
Kecerdasan akademis saja tak cukup untuk membuat anak menjadi generasi yang gemilang. Kita juga perlu membentuk karakter positif anak sejak dini agar ia bisa jadi anak cerdas dan berempati.

Anak yang percaya diri, mampu mengambil keputusan, optimis, bertanggung jawab, mandiri, serta berani mengekspresikan diri adalah sebagian kecil harapan kita ketika ia tumbuh dewasa. Agar Si Kecil mencapai aktualisasi diri tersebut, kita sangat perlu menanamkan karakter-karakter positif anak sejak dini.

“Orangtua seringkali mendefinisikan kecerdasan anak berarti anak memiliki kemampuan akademis baik atau ber-IQ tinggi, padahal kecerdasan bukan sekadar kemampuan akademis. Kecerdasan dapat dibagi menjadi tiga kategori, kecerdasan akademis (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan spritual (SQ). Untuk membentuk generasi yang cerdas dan berkarakter tentu diperlukan keseimbangan di antara ketiganya. Oleh karena itu, selain memperhatikan kecerdasan akademis, orangtua perlu memperhatikan pembentukan karakter anak sejak dini,” papar Dr. Ratna Megawangi, M.Sc.

Kita bisa menanamkan empati ke dalam diri anak dengan menghubungkan setiap aktivitas sehar-hari dengan tujuan sosial Contoh kecil belanja pakaian. Kita bisa lho belanja sekaligus menolong saudara kita di Palestin. Mezora yang tergabung dalam Shafira Corporation berkomitmen untuk menyisihkan sebagian keuntungannya untuk bantuan kemanusiaan di Palestin. Jadi setiap kita belanja di Mezora, secara tidak langsung kita juga membantu anak-anak di Palestin.

“Setelah mencermati penjelasan pengurus Aman Palestin, serta mempelajari sepak terjang, terutama aktivitas penggalangan dana dan penyaluran dana secara langsung hingga sampai ke tangan rakyat Palestina tanpa perantara, maka kami manajamen MEZORA yang tergabung dalam Shafira Corporation sepakat bekerjasama dengan Aman Palestina,” kata Candra, Head of Mezora, lembaga yang memproduksi dan memasarkan busana muslim terbaik dari Bandung.

Dalam kaitan ini, Prof. Dr. KH. Miftah Faridl selaku Ketua Dewan Penasehat Aman Palestin-Indonesia menyambut baik upaya MEZORA yang berinisiatif kerjasama dengan Aman Palestin-Indonesia, khususnya dalam program “1 Milyar Cinta Palestina”.

“Setelah sebelumnya dari kalangan dunia pendidikan, ada Sekolah Al Ma’soem yang melaunching program “Sejuta Tabung Cinta Palestina”, kini Mezora-Shafco juga melakukan hal yang sama. Moga-moga aksi nyata ini dicontoh oleh lembaga-lembaga dan badan usaha lainnya di Indonesia,” kata KH Miftah Faridl, yang juga Ketua MUI Jabar ini.

Direktur Aman Palestin-Indonesia, ustadz Miftahuddin Kamil, MA menghimbau umat Islam berbelanja ke MEZORA sehubungan adanya program “1 Milyar Cinta Palestina” yang notabene mencerminkan kepeduliannya yang besar terhadap problem umat Islam di dunia internasional.

“Sungguh, MEZORA yang tergabung dalam Shafira Corporation ini merupakan satu-satunya brand muslm fashion yang menggalang dana dan memberikan donasinya langsung tanpa perantara. Relawan kami di dalam Kota Gaza-Palestina, siap menerima langsung bantuan dana Anda yang dititipkan ke MEZORA,” tutur Miftahuddin.

Comments

Winda Siregar Rela Tak Tidur Agar...
04 Oktober 2016 10:00
Erwin dan Jana Parengkuan: Ajari...
03 Oktober 2016 10:00
Teges Prita Soraya: Suasana Masak...
30 September 2016 10:00