12Apr 0

Bisakah Ibu Menyusui yang Puting Payudaranya Rata Memberikan ASI?

Seputar Kehamilan » Ibu Menyusui  •   Febria Silaen
Apakah ibu menyusui yang memiliki puting payudara rata, tetap bisa memberikan ASI? Ini jawabannya untuk para ibu menyusui.

Menurut Dr. William Sear, dari Associate Clinical Professor of Pediatrics di School of Medicine, University of California, Irvine, Amerika Serikat, masalah puting payudara rata pada ibu menyusui bukan penyebab dari seorang ibu tidak bisa memberikan ASI kepada bayinya. Problem puting payudara rata atau melesak ke dalam yang disebut dengan inverted nipples memang banyak dikeluhkan oleh ibu menyusui. Padahal, saat bayi menyusu, bayi bukan menghisap puting saja tetapi harusnya menghisap areola ibu. Keuntungan dari bayi yang menghisap areola ibu yaitu bayi  bisa menarik puting payudara ibu keluar. Selain itu, hisapan pada areola bisa membuat puting membesar sehingga bayi mampu menghisap lebih banyak.

Payudara Bengkak Membuat Puting Rata

Saat hamil, payudara akan membengkak hingga persalinan tiba. Banyak ibu yang mengalami payudara bengkak paska melahirkan. Pembengkakan pada payudara cenderung  membuat puting menjadi rata. Karena itu, disarankan untuk ibu segera menyusui bayinya di hari pertama atau kedua setelah bayi lahir. Kemampuan menempel dan menghisap ASI pada bayi baru lahir akan menjadi solusi bagi ibu menyusui yang memiliki puting rata.

Cara alami untuk mengatasi masalah puting rata atau melesak ke dalam adalah dengan memegang payudara pada areola dengan jari-jari pada bagian bawah dan ibu jari bagian atas. Tekan areola dengan ibu jari dan empat jari lainnya. Tekanan ini bisa memanjangkan dan menyempitkan areola sehingga bayi mudah menyusu. Selain itu, ibu menyusui yang menggunakan pompa listrik elektrik juga bisa menarik puting lebih panjang.

Menggunakan Breast Shells

Cara lain yang dapat dilakukan ibu menyusui  untuk mengatasi masalah puting payudara rata dengan mengunakan breast shells, semacam mangkuk plastik transparan yang memang dirancang untuk puting rata atau terbalik. Sebaiknya gunakan breast shells, disela menyusui atau selama 30 menit sebelum menyusui. Ada dua bagian pada breast shells, yakni bagian belakang dengan lubang yang akan membuat puting menonjol keluar dan bagian bundar yang akan dipasang di bagian dalam bra. Tekanan pada shells  dari bra akan melawan areola dan lambat laun bisa membuat puting menonjol.

Jika ibu menyusui masalah bermasalah dengan inverted nipples, coba gunakan nipple shield yang dikenakan di sekeliling areola dan puting saat menyusui. Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakn nipple shield, sebaiknya ibu menyusui berkonsultasi ke konsultan laktasi. Karena nipple shield bisa mengurangi produksi ASI kalau tidak tahu cara menggunakannya.

Comments

Ketika Google Menjadi Penyelamat...
26 Agustus 2014 18:30
Tips Mix and Match untuk Anak...
21 Agustus 2014 17:00
 Yoga Membuat Nia Dinata dan...
28 Agustus 2014 11:38
Blue Ivy Hadir di MTV VMA 2014...
25 Agustus 2014 18:00