22Apr 0

Benarkah Menyusui Bisa Menjadi Kontrasepsi Alami?

Seputar Kehamilan » Ibu Menyusui  •   Febria Silaen
Ada yang berpendapat, selama masih menyusui bayi maka seorang ibu dijamin nggak bisa hamil lagi. Karena menyusui bisa menjadi kontrasepsi alami. Benarkah?

Ibu menyusui pasti sering mendengar bahwa dengan menyusui bayi, memberikan ASI bisa menjadi alat kontrasepsi alami. Pendapat tersebut ternyata tidak sepenuhnya benar lho! Karena meski menyusui bisa menjadi kontrasepsi alami, tetapi bukan berarti ibu bisa tenang dengan tidak memakai alat kontrasepsi untuk menunda kehamilan berikutnya.

Sebab, menurut Prof DR. Biran Affandi, SpOG (K) dari Asia Pasific Council on Contraception (APCOC) Indonesia, menyusui bisa menjadi alat kontrasepsi alami bilamana ibu memberikan ASI secara eksklusif.  Jadi, bagi ibu yang memberikan ASI eksklusif bagi bayinya maka menyusui bisa sebagai cara untuk memberikan jarak pada kehamilan berikutnya. Namun, perlu diperhatikan adalah lamanya waktu sang ibu dalam memberikan ASI.

"Menyusui tidak menjamin 100% sebagai alat kontrasepsi alami. Namun, untuk ibu yang ingin menjadikan menyusui sebagai alat kontrasepsi maka harus aktif menyusui, setidaknya selama satu jam dalam satu hari. Karena frekuensi menyusui sangat berpengaruh," kata Prof. DR. Biran

Dengan sering menyusui bayi, maka otak kecil si ibu mampu memproduksi hormon prolaktin lebih banyak. Semakin banyak hormon prolaktin, maka bisa menekan masa subur (ovulasi) dan membuat ibu menyusui menjadi tidak subur. "Aktif menyusui setidaknya 6 kali sehari, dan saat menyusui minimal 10 menit, maka ibu sudah bisa berkontrasepsi secara alami. Tapi jika waktu menyusui kurang dalam sehari kurang dari satu jam, tidak bisa menjamin ibu menyusui tidak hamil," katanya.   

 Segera Pasang Alat Kontrasepsi

Meski menyusui bisa membantu mencegah terjadinya kehamilan, tetapi ovulasi tetap bisa saja terjadi. Ovulasi dapat mendahului menstruasi pertama paska melahirkan, sehingga mengakibatkan terjadinya pembuahan. Karena ibu, bagi ibu yang tidak memberikan ASI ekslusif segeralah berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan untuk memasang kontrasepsi paska persalinan.

Kontrasepsi paska persalinan merupakan inisiasi pemakaian metode kontrasepsi dalam waktu 6 minggu setelah melahirkan. Pemilihan metode kontrasepsi paska melahirkan sebaiknya dipertimbangkan dengan matang agar tidak menggangu produksi ASI dan tumbuh kembang bayi.  Jadi, sebaiknya ibu berkonsultasi lebih dulu sebelum memutuskan untuk memakai kontrasepsi paska melahirkan, ya!

Comments

Sambut Calon Anak Kembar, Baby...
30 Oktober 2014 17:00
Tips Melatih Kemandirian Anak...
22 Oktober 2014 11:02
Tahap Akhir Proses Stimulasi Dini...
17 Oktober 2014 14:40
Ashlee Simpson Dan Evan Ross...
19 Desember 2014 11:31
Stevie Wonder Sambut Anak ke-9 di...
18 Desember 2014 17:58
Hamil Kedua, Beyonce Harapkan Anak...
18 Desember 2014 17:07