04Jun 0

Makanan Ibu Hamil Yang Kaya Asam Folat. Inilah Daftarnya, Klik!

Seputar Kehamilan » Hamil Sehat  •   Febria Silaen
Asam folat sangat penting dikonsumsi sejak merencanakan kehamilan hingga trimester pertama kehamilan. Simak makanan ibu hamil yang kaya akan asam folat.

Sayuran

Untuk mencegah resiko bayi lahir cacat, mulailah banyak mengonsumsi sayuran yang mengandung asam folat. Sayuran berwarna hijau dan kuning banyak mengandung asam folat. Nah, kalau kamu hanya mengenal brokoli, sebagai makanan yang banyak mengandung asam folat tetapi kamu kurang menyukainya,  maka kamu tetap bisa mengasup asam folat dari kentang, kangkung dan daun bawang. Saran untukmu, untuk mendapatkan kandungan asam folat yang baik, sebaiknya sayuran hijau tidak dimasak terlalu matang. Karena kandungan asam folat yang ada di sayuran akan rusak dengan suhu tinggi atau proses memasak  terlalu lama.

Buah-Buahan

Selain sayuran, asam folat juga banyak terdapat pada buah. Buah yang paling mudah ditemukan dan dikonsumsi oleh ibu hamil serta kaya akan kandungan asam folat adalah buah pisang. Kamu bisa menjadikan pisang sebagai menu sarapan yang sehat dan kaya akan asam folat yang sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil. Dua buah pisang yang dikonsumsi setiap hari mengandung 58 mikrogram asam folat.

Selain pisang, ibu hamil juga bisa mengonsumsi jeruk untuk mendapatkan asam folat untuk mencegah terjadinya kecacatan pada sumsum tulang belakang. Jika kamu mengonsumsi satu buah jeruk, maka sudah mendapatkan 20 persen asupan asam folat.

Stroberi juga mengandung asam folat sebanyak 7,5 persen. Buah stroberi cocok untuk dijadikan cemilan saat hamil. Nah, kalau kamu suka buah alpukat, kabar baik untuk ibu hamil karena alpukat tidak hanya bermanfaat untuk menangkal radika bebas tetapi juga kaya akan kandungan asam folat. Buah berwarna kuning kehijauan ini sangat dibutuhkan dalam proses tumbuh kembang janin di dalam rahim ibu.

Kacang-Kacangan

Hampir semua jenis kacang-kacangan kaya akan kandungan asam folat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Jenis kacang seperti kacang hijau kacang polong, kacang tanah, kacang panjang dan kedelai direkomendasikan sebagai makanan yang kaya akan asam folat. Mengonsumsi bubur kacang hijau sebagai menu sarapan atau cemilan sore sejak awal kehamilan bahkan saat merencanakan kehamilan, maka kamu sudah mencukupi kebutuhan asam folat yang bisa membantu perkembangan saraf bayi dalam kandungan, mencegah bibir sumbing dan mencerdaskan bayi.

Comments

Renny Sutiyoso Ngaku Nggak Mau...
23 September 2014 12:00
Ketika Google Menjadi Penyelamat...
26 Agustus 2014 18:30
Tips Mix and Match untuk Anak...
21 Agustus 2014 17:00
Kim Kardashian dan North West...
30 September 2014 10:04
Setelah 5 Tahun Menikah, Marcell...
23 September 2014 13:30
Dikaruniai bayi perempuan, Ryan...
19 September 2014 15:00