03Apr 0

Kenapa Mulut Ibu Hamil Terasa Hambar? Ini Jawabannya!

Seputar Kehamilan ยป Hamil Sehat   •   Febria Silaen

Kehamilan membawa banyak perubahan termasuk indera perasa. Banyak ibu hamil mengeluh, mulut terasa hambar saat mengunyah makanan. Bagaimana mengatasinya?

ibu hamil mulutnya terasa hambar

Kebanyakan ibu hamil akan mengalami perasaan aneh di indera pengecapnya yaitu mulut. Semua makanan yang disantap terasa hambar alias tidak berasa. Rasa hambar yang dirasakan ibu hamil sering disebut sebagai dysgeusia atau metallic taste. Hal ini akan terjadi pada usia kehamilan trimester pertama yang disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi selama kehamilan. Peningkatan hormone estrogen lah yang menyebabkan ibu hamil merasakan hambar di mulutnya.

Biasanya rasa hambar yang dialami ibu hamil hanya akan bertahan di akhir trimester pertama. Seiring usia kehamilan, masalah dysgeusia akan hilang sendirinya bahkan di menjelang trimester ketiga, ibu hamil tidak lagi merasakan rasa hambar di mulut dan lidahnya.

Perbanyak Konsumsi Makanan Rasa Asam

Untuk mengatasi masalah metallic taste atau hambar, ibu bisa mengonsumsi jeruk, jeruk nipis, lemon untuk memberikan rasa di mulut yang hambar.  Makanan yang asin dan pedas juga bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan produksi air liur yang akan memberikan rasa pada lidah. Karena lidah lebih peka terhadap rasa asam dan asin.

Tapi perlu diperhatikan untuk ibu hamil jangan terlalu banyak mengonsumsi garam karena bisa menyebabkan hipertensi selama kehamilan. Ibu hamil juga bisa menambahkan suplemen atau vitamin yang bisa mengurangi dysgeusia selama kehamilan. Nah, untuk itu ibu hamil harus berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan agar mendapatkan suplemen yang sesuai dengan dosis.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa hambar selama kehamilan adalah dengan rajin membersihkan permukaan lidah setiap kali menyikat gigi. Karena dengan membersihkan lidah akan membantu menetralkan kadar pH di mulut ibu hamil. Menguyah permen dengan rasa mint bisa menjadi solusi bagi ibu hamil yang mengalami dysgeusia atau rasa hambar. Jadi, untuk ibu hamil, siapkan persedian permen rasa mint untuk mengatasi lidah yang hambar ya.

 

Filed under
hambar, ibu hamil, kesehatan, mulut, rasa

Comments

Login or Register to post comments