22May 0

Ibu Hamil Mengalami Kaki Bengkak? Ini Cara Mengatasinya!

Seputar Kehamilan ยป Hamil Sehat   •   Febria Silaen

Banyak di antara ibu hamil yang mengalami kaki bengkak. Simak di sini cara mengatasinya agar kamu tetap bugar dan nyaman saat menjalani masa kehamilan, Bu.

kaki bengkak ibu hamil

Banyak di antara ibu hamil yang mengeluh mengalami bengkak pada kaki. Keluhan yang banyak dialami oleh ibu saat hamil adalah kaki yang bengkak. Kaki bengkak pada ibu hamil kerap disebut dengan edema atau oedema yang artinya penimbunan cairan. Selain itu, membesarnya kaki saat hamil juga karena kaki harus menopang berat badanmu yang bertambah besar seiring usia kehamilan. Biasanya ibu hamil akan mengalami kaki bengkak pada kehamilan trimester ketiga, yaitu di usia 7 bulan ke atas. Meski tidak membahayakan, tetapi kaki yang bengkak membuat ibu hamil jadi kurang nyaman .

Tips Mengatasi Kaki Bengkak

  • Untuk ibu hamil, agar kaki tidak menjadi semakin bengkak saat kehamilan, sebaiknya jangan berdiri atau duduk dalam posisi yang sama dalam jangka waktu yang lama. Cobalah untuk menggerakkan tubuh dan berganti posisi berdiri atau duduk, setiap 30 menit sekali. Dengan banyak bergerak membuat aliran darah lancar.
  • Saat ibu duduk, luruskan kaki dan posisikan kaki  lebih tinggi untuk membuat sirkulasi darah mengalir dengan baik. Bahkan ketika tidur, ibu bisa menambahkan bantal di kedua kaki agar posisi kaki lebih tinggi dari kepala dan jantung.
  • Seiring dengan usia kehamilan dan berat badan yang bertambah , hindari memakai sepatu berhak tinggi. Jangan memaksakan diri memakai koleksi high heels favoritmu saat kaki bengkak ya! Pililah flat shoes sebagai alas kaki yang nyaman untuk menopang tubuhmu selama kehamilan dan mengurangi pembengkakan pada kaki.
  • Kompres kaki dengan air dingin, juga bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kaki bengkak selama kehamilan. Sambil mengompres kaki,  kamu juga bisa melakukan pijatan dengan lembut agar kaki terasa rileks.
  • Rajin  berolahraga ringan seperti jalan kaki atau renang disarankan bagi ibu hamil.  Karena, olahraga teratur bisa membantu melancarkan sirkulasi darah dan oksigen.
  • Nah, kalau kamu menyukai makanan asin, selama hamil sebaiknya mulailah mengurangi makanan berkadar garam tinggi  untuk mencegah kaki semakin bengkak.
  •  Ibu hamil wajib mengonsumsi buah dan sayuran lebih banyak.

 

Comments

Login or Register to post comments

Cara Membuat Puding Roti
4 days 14 hours ago
Cara Membuat Chicken Katsu
5 weeks 1 day ago