17Mei 0

Ibu Hamil Mandi Berendam Air Hangat, Bolehkah?

Seputar Kehamilan » Hamil Sehat  •   Febria Silaen
Berendam di air hangat memang nyaman. Tapi bolehkah ibu hamil mandi berendam di air hangat?

Berendam di bathtub dengan air hangat ataupun menikmati sauna banyak dilakukan para ibu untuk melepaskan kepenatan. Memang berendam di air hangat bisa menimbulkan rasa nyaman, namum menurut American Journal of Epidemiology, sebaiknya ibu hamil menghindari mandi dengan air hangat.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ibu hamil yang suka berendam di air hangat atau ber-jacuzzi bisa beresiko keguguran. Apalagi untuk ibu hamil di usia trimester pertama, semakin memperbesar resiko keguguran. Penelitian ini dilakukan terhadap  1.063 ibu hamil dengan rata-rata usia kehamilan 40 hari. Para ibu hamil ini saat diwawancara langsung mengaku suka berendam di air hangat atau ber-jacuzzi.  

Bikin Suhu Tubuh Naik

Terpaan air hangat mengakibatkan suhu tubuh ibu hamil meningkat. Hal inilah yang menyebabkan ibu hamil bisa keguguran jika berendam di air hangat. Apalagi jika pengaturan suhu air yang digunakan lebih tinggi.

Sejumlah data dari American College of Obstetricians and Gynecologist, menunjukkan adanya pengaruh peningkatan suhu tubuh dengan perkembangan janin. Peningkatan suhu tubuh bisa mengakibatkan detak jantung menurun drastis sehingga menyebabkan oksigen yang dikirim ke janin berkurang.

Lantas bagaimana jika ibu hamil sangat ingin berendam di air hangat? Nah, untuk ibu hamil yang ingin merasakan sensasi berendam di air hangat, sebaiknya ibu memperhatikan suhu air yang digunakan. Selama ibu hamil tidak merasa kepanasan dan membuat suhu tubuh meningkat, berendam di bathtub masih boleh dilakukan. Tapi untuk penggunaan sauna dan hot steam sangat tidak dianjurkan ya, Bu!

Comments

Ketika Google Menjadi Penyelamat...
26 Agustus 2014 18:30
Tips Mix and Match untuk Anak...
21 Agustus 2014 17:00
Dikaruniai bayi perempuan, Ryan...
19 September 2014 15:00
 3 Kiat Cerdas Dewi Gita &...
16 September 2014 18:00
Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu...
11 September 2014 15:16