20Mei 0

Cara Mengatasi Sesak Nafas Pada Ibu Hamil

Seputar Kehamilan » Hamil Sehat  •   Febria Silaen
Ibu hamil ada yang mengalami sesak nafas. Meski terlihat normal tetapi kondisi ibu hamil yang mengalami sesak nafas harus tetap diwaspadai.

Sesak nafas selama hamil sering membuat ibu hamil merasa nggak nyaman. Sesak nafas atau nafas yang terengah-engah biasanya disebabkan oleh janin yang semakin besar. Karena ketika rahim semakin besar makan tekanan yang diberikan ke diafragma juga akan semakin besar. Kondisi inilah yang membuat ibu hamil sering mengalami sulit bernafas.

Perubahan hormonal selama hamil juga bisa menyebabkan ibu hamil mengalami sesak nafas. Peningkatan kadar hormon terutama progesteron dapat mempengaruhi gerak paru-paru. Akibatnya ibu hamil kurang mendapatkan oksigen dan mengakibatkan nafasnya terlihat tersengal-sengal.

Cara Mengatasinya

Ketika ibu hamilmengalami sesak nafas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, seperti berikut:

Duduk tegak danĀ  tetap menjaga bahu agar tetap dalam posisi yang benar. Posisi ini bisa memberikan ruang bagi paru-paru untuk mendapatkan oksigen yang cukup. Sehingga ibu hamil bisa bernafas lebih baik.

Tambahkan bantal empuk di tempat tidur, bisa menopang tubuh ibu saat mengalami sesak nafas. Bersandar di bantal akan membuat ibu merasa lebih lega untuk bernafas saat tidur di malam hari.

Saat hamil, seringlah melatih pernafasan dengan menarik nafas dalam-dalam. Tarik nafas dan coba untuk menghirup oksigen sebanyak mungkin, lalu tahan nafas selama dua detik kemudian keluarkan nafas secara perlahan-lahan. Kalau kamu sering melatih pernafasan, kamu akan akan merasa rileks lho.

Untuk mengatasi sesak nafas, kamu bisa mengambil kelas yoga. Melakukan yoga secara teratur bisa membantu ibu untuk mempelajari teknik pernafasan yang baik selama masa kehamilan.

Ketika ibu hamil merasakan sesak nafas, segeralah untuk beristirahat yang cukup dan menghindari kegiatan yang bisa membuat ibu stres. Karena stres ternyata bisa mempengaruhi pola pernafasan.

Comments

Renny Sutiyoso Ngaku Nggak Mau...
23 September 2014 12:00
Ketika Google Menjadi Penyelamat...
26 Agustus 2014 18:30
Tips Mix and Match untuk Anak...
21 Agustus 2014 17:00
Dikaruniai bayi perempuan, Ryan...
19 September 2014 15:00
 3 Kiat Cerdas Dewi Gita &...
16 September 2014 18:00
Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu...
11 September 2014 15:16