16Apr 0

Bahaya Makanan Junk Food Untuk Ibu Hamil

Seputar Kehamilan » Hamil Sehat   •   Febria Silaen

Peringatan bagi ibu hamil yang suka mengonsumsi makanan junk food karena bisa  membahayakan kesehatan bayi. Seperti apa dampak negatifnya? Ini penjelasannya.

anak makan junk food

Kalau kamu ibu hamil yang masih suka mengonsumsi junk food, mulai sekarang  hentikan kebiasaan buruk tersebut. Karena ternyata ibu hamil yang doyan makan  junk food sebagai menu makan sehari-hari, tak hanya membawa dampak buruk bagi kesehatan ibu tetapi juga membahayakan bagi janin yang dikandung.  

Menurut penelitian yang diterbitkan The Journal FASEB, ibu hamil yang doyan makan junk food dengan kandungan gula dan lemak tinggi akan membentuk bayi dengan kebiasaan yang sama, yaitu anak gemar makan junk food juga. Meski penelitian dilakukan pada binatang tikus, karena diangggap tikus dan manusia memiliki sistem biologis fundamental yang sama. Hasilnya sangat mengkhawatirkan bagi ibu hamil. Beverly Muhlhausler, Ph.D, dari the FOODplus Research Centre in the School of Agriculture Food and Wine at the University of Adelaide in Adelaide, Australia, menghimbau para ibu hamil untuk menjaga pola makan yang sehat dengan menghindari makanan junk food di masa kehamilan dan menyusui. Karena bayi membutuhkan nutrisi bergizi dan tentu saja pola  makan yang baik.

The FASEB Journal, menghimbau agar ibu hamil menjaga asupan makanan selama kehamilan, hindari makan junk food dan beralih untuk lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran. “Sunggguh ironi jika sejak lahir anak sudah memiliki minat dan peluang besar untuk menyukai junk food. Makanan yang sangat tidak sehat,” kata Gerald Weissmann. Jadi Bu, makanan yang  kamu makan selama hamil, ikut menentukan makanan favorit bayimu nanti. Nah, jika kamu ingin si anak bila besar nanti doyan makan sayur dan buah,  maka saat hamil perbanyaklah makan sayur dan buah ya!

Comments

Login or Register to post comments