13Mar 0

Donna Agnesia dan Darius Kompak Mendidik Anak

Keluarga Selebriti  •   Febria Silaen
Donna Agnesia kewalahan mengatasi anaknya yang nggak doyan sayur. Maka, ia pun sepakat dengan Darius, suami, untuk kompak mendidik anak suka sayur.

Donna Agnesia yang masih sibuk dengan dunia presenter dan menjadi bintang iklan mengaku memiliki tiga anak dengan tingkah pola yang berbeda membuatnya harus menjadi ibu yang cerdas. Termasuk saat Lionel, Diego, dan Sabrina susah makan.

"Ada fasenya saat anak susah makan. Saya mengalami semua itu, mulai dari Lionel, Diego dan Sabrina. Ketiga anak saya paling susah makan sayur. Kalau diperhatikan sih, anak-anak meniru Darius yang memang nggak pernah mau makan sayur," katanya.

Anak Melihat Perilaku Orangtua

Menurut Donna, pola makan anak terbentuk pertama kali dari dalam rumah. Karena itu ia sangat memahami kenapa ketiga anaknya sangat sulit dibujuk untuk makan sayur. Donna mengaku, kalau Darius Sinathrya, suaminya memang tidak menyukai sayur. Itulah yang menjadi penyebab Lionel, Diego dan Sabrina juga ikut-ikutan tidak mau makan sayur.

Berbagai cara sudah dilakukan oleh ibu yang sangat menyukai dunia sepak bola ini, seperti menyiasati menyembunyikan sayuran di balik lauk, menghias sayuran menjadi berbagai bentuk. Tapi rupanya usaha itu tidak  membuahkan hasil baik, karena anak-anak tidak melihat contoh yang baik dari orang terdekatnya, yakni Darius sebagai ayah anak-anaknya. "Jadi kalau makan sama-sama, anak-anak melihat ternyata papanya juga tidak makan sayur. Anak itu paling suka meniru kan, jadi apa yang mereka lihat ya mereka lakukan, "urainya .

Setelah mencoba berbagai cara, Donna pun berkesimpulan untuk memaksa Darius bisa memberikan kebiasaan makan sayur pada anak dengan cara memaksa Darius makan sayur di depan anak-anak. "Ya, mau bagaimana lagi, saya nggak boleh hanya memaksa anak-anak, tetapi juga harus memaksa Darius yang ternyata sumber penyebab anak-anak menolak sayur," seloroh Donna.

Awalnya memang tidak mudah, hal tersebut diakui oleh Donna Agnesia. Apalagi mengingat Darius bukan kategori usia anak-anak yang bisa diberikan hadiah bila berhasil makan sayur. Dengan sabar Donna memberikan pengertian kepada Darius bahwa anak-anak harus mau makan sayur dan itu adalah tanggung jawab dirinya serta Darius sebagai orangtua.

"Sayur dan buah itu sangat penting untuk memenuhi kebutuhan serat.  Jadi daripada saya harus bertengkar dengan anak, lebih baik memaksa Darius untuk mau makan sayur, meski sedikit. Kita memang harus bisa menjadi role model untuk anak-anak sendiri," tukasnya.

Lambat laun, Lionel, Diego dan Sabrina mau makan sayur bahkan Donna mengakui setiap hari pasti menyuguhkan menu dengan sayuran favorit anak-anak. Tapi meski Donna telah berhasil mengajak ketiga anaknya untuk mengonsumsi sayur, ada satu perilaku unik dari Diego yang hingga kini belum bisa diselesaikan oleh Donna. Diego, anak kedua Donna, hanya suka masakan Indonesia. Alhasil  kalau diajak makan di luar, Donna agak sedikit repot membawa lauk seperti tempe, tahu dan ikan teri untuk disantap Diego. "Diego itu paling nggak bisa makan pasta jadi kalau saya masak pasta di rumah, sudah pasti Diego nggak mau. Kalau makan di restoran, saya suka makan ikan teri untuk dimakan Diego. Hahahahaseperti yang saya bilang tadi, setiap anak itu punya kebiasaan yang berbeda. Untungnya Lionel dan Sabrina nggak rewel soal makanan jadi saya terbantu ," tutup Donna Agnesia.

Comments

Sambut Calon Anak Kembar, Baby...
30 Oktober 2014 17:00
Tips Melatih Kemandirian Anak...
22 Oktober 2014 11:02
Tahap Akhir Proses Stimulasi Dini...
17 Oktober 2014 14:40
Menanti 2 Tahun, Jessica Biel...
27 Oktober 2014 22:39
Pasangan Selebriti Judika-Duma...
24 Oktober 2014 11:27