24Okt 0

Membuat Bento Untuk Bekal Anak

Pasta  •   Suci Loyalita
Jika kamu berkunjung ke restoran Jepang, kerap kali di daftar menu tertulis menu Bento. Yup, Bento adalah bekal makan yang ditata dengan unik di dalam kotak makan (lunch box). Nah, kali ini Fimela Family ingin mengajakmu belajar membuat Bento sendiri. Ternyata sangat mudah! Dan, dijamin, si kecil bakal menghabiskan bekalnya.Kretivitas ibu-ibu Jepang ini nggak ada salahnya kamu tiru, Moms! Dengan membuat Bento sendiri, kamu bisa mengontrol langsung kandungan gizi dan kehigienisan bekal si kecil. Selain itu, menyiapkan bekal si kecil dengan penampilan yang menarik pasti akan menambah semangat si kecil habiskan bekal makan siangnya. Kamu juga pasti bangga kan kalau si kecil berteriak "My mommy is my great chef!".Membuat Bento atau Charaben yang menarik itu susah gak sih? Pasti bisa! Yuk, saatnya kembangkan imajinasi. Seperti ide sederhana dari irisan telur rebus dan resep spaghetti Saus Sosis untuk bekal si kecil berikut ini. Resep & Foto: Yunita Rahmasari (bonitofood.blogspot.com)

1 of 4  Previous    1  2  3  4   Next 

Bento sendiri ada dua jenis, yaitu Bento dan Charaben. Apa sih perbedaannya? Bento adalah bekal makan biasa yang ditata menarik dalam lunch box. Sedangkan Charaben (Character Bento) adalah jenis Bento yang menampilkan karakter/tokoh di dalamnya seperti bentuk binatang ataupun tokoh-tokoh kartun favorit si kecil. Bento yang dibuat para ibu di Jepang ini tujuannya biar anak-anak mereka senang dengan bekal makan siangnya.

Bahan masakan:

200 gram pasta spaghetti (rebus dan tiriskan)
2-3 sosis sapi (iris-iris)
bawang bombay (cincang halus)
75 ml air kaldu
200 ml saus tomat
1 sdm mentega tawar
2 sdm minyak zaitun
sdt merica bubuk
sdt oregano kering (optional)
garam dan gula secukupnya
Peterseli cincang untuk taburan (bisa diganti seledri)

Cara membuat:

  1. Panaskan mentega dan minyak zaitun di atas api sedang, tumis bawang bombay hingga harum dan transparan. Tambahkan irisan sosis sapi, bubuhi dengan merica bubuk, garam dan gula. Aduk rata.
  2. Tuangi tumisan dengan air kaldu, tambahkan oregano kering. Kecilkan api, tutup wajan sekitar 4-5 menit. Buka tutup wajan, tambahkan saus tomat, aduk-aduk dan masak sampai matang. Angkat.
  3. Letakkan pasta spaghetti yang telah matang dalam sebuah mangkok besar. Siram dengan saus sosis, aduk. Jika suka bisa ditambah taburan keju parmesan.

Note: Tambahkan sedikit garam dan minyak goreng/minyak sayur ketika merebus pasta spaghetti untuk memberi rasa pada pasta dan agar pasta tidak lengket ketika dingin.

Filed under
SPAGHETTI, BENTO

Comments

Ketika Google Menjadi Penyelamat...
26 Agustus 2014 18:30
Tips Mix and Match untuk Anak...
21 Agustus 2014 17:00
Dikaruniai bayi perempuan, Ryan...
19 September 2014 15:00
 3 Kiat Cerdas Dewi Gita &...
16 September 2014 18:00
Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu...
11 September 2014 15:16